Tim Mahasiswa FISIP Juara Lomba Desain Kantin Sehat UNS

Tim Mahasiswa FISIP Juara Lomba Desain Kantin Sehat UNS

Jumat (20/5/2022) bertempat di Gedung Ki Hadjar Dewantara Universitas Sebelas Maret (UNS Tower), UNS sukses menyelenggarakan Pengumuman Pemenang Lomba &  Pagelaran Seni Budaya dalam rangka Dies  Natalis ke-46 Universitas Sebelas Maret. Acara dihadiri oleh seluruh pejabat universitas hingga fakultas beserta seluruh tamu undangan. Pada kesempatan tersebut, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret patut berbangga hati dengan kemenangan pada tiga kategori lomba yakni, Kampus Inklusi antar Fakultas di Universitas Sebelas Maret sebagai Juara 1, Lomba Kiprah Alumni Juara 1, dan Lomba Konsep Desain Kantin Sehat UNS Juara 3.

Lomba Desain Kantin Sehat UNS diikuti secara tim dengan perwakilan FISIP UNS ketua tim Achmad Wahyu Mochtar dari Program Studi Ilmu Administrasi Negara dan anggota Muhammad Lutfi Ardhiansyah dan Triwidianto Ramadhan Putra dari Program Studi Ilmu Administrasi Negara serta Muhammad Sholahudin Al Farras dari Program Studi Sosiologi. Achmad Wahyu Mochtar  serta dosen pembimbing Tyas Nur Haryani, S. Sos., M.Si (Dosen Program Studi Ilmu Administrasi Negara FISIP UNS) menyampaikan bahwa gagasan Desain Kantin Sehat UNS yang diusung oleh tim sangat berpangkal dari aspek-aspek green campus dan penerapan protokol kesehatan. Desain mengoptimalkan luas bangunan 100 m2 yang dirancang di depan Gedung Totok Sarsito FISIP UNS. Desain ditawarkan dalam 2 lantai, di mana lantai 1 optimal sebagai dapur, kasir, dan area makan. Lantai 2 ditawarkan memiliki ruang VIP yang dapat digunakan untuk meeting dan dilengkapi dengan area yang mendukung co-working space.

Komponen infrastruktur kantin sangat mendukung aspek green campus seperti, konsep bangunan
kaca, mendukung ventilasi, adopsi teknologi sensor, manajemen limbah dan manajemen listrik dengan solar panel. Kelebihan lainnya yang ditawarkan adalah kantin yang aksesibel bagi semua pengunjung, sehingga aspek inklusi juga terpenuhi dalam gagasan ini. Aspek pemanfaatan Teknologi Komunikasi dan Informasi juga diusung dalam Kantin Society FISIP UNS. “Nilai kearifan lokal dan ciri khas FISIP UNS juga kami tampilkan dalam konsep desain Kantin Society”, ungkap Achmad Wahyu Mochtar di akhir sesi wawancara singkat.

Pada bincang-bincang singkat dengan Dekan FISIP UNS, Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si, konsep desain kantin sehat tersebut sangat sesuai jika kampus memiliki lahan yang mencukupi.  Sayangnya, lahan terbuka yang dimiliki FISIP UNS tidak memungkinkan membangun desain tersebut pada lahan yang direncanakan karena sudah dirancang untuk peruntukkan lain, sehingga kemungkinan sebagian desain tersebut akan diadopsi beberapa bagian dalam pengembangan kantin yang sudah ada.