Sosialisasi Pengarusutamaan Gender di Lingkungan Polri

Sosialisasi Pengarusutamaan Gender di Lingkungan Polri

Selasa, 17 Mei 2022 Dekan FISIP UNS, Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si mengisi kegiatan yang diselenggarakan Mabes Polri di Hotel The Sultan Jakarta Pusat acara ini berlangsung mulai pukul 10.00 – 15.00 WIB. Kegiatan ini dibuka oleh Jendral Ribut Hari Wibowo dan dihadiri secara luring oleh 80 Anggota Polri dari Mabes Polri dihadiri secara daring oleh 500 Anggota Polri.

Acara ini mengahadirkan 3 narasumber, untuk sesi pertama diisi oleh  Dekan FISIP UNS, Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si mengisi materi tentang Konsep Gender, Sesi kedua diisi oleh Pokja PUG di Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI  Sharing Session Implementasi PUG dan sesi yang ketiga diisi oleh Kombes Pol Dra. Desy Andriani menyampaikan Sosialisasi PUG di Lingkungan Polri.

Sesi pertama Penyampaian materi tentang Konsep Gender oleh Dekan FISIP UNS Prof. Ismi Dwi Astuti, M.Si . Diawali dengan materi tentang perbedaan Gender dengan Jenis Kelamin  kemudian dilanjutkan dengan cara Mewujudkan Keadilan dan Kesetaraan Gender. Dengan Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) yang merupakan strategi mengintegrasikan prespektif gender dalam pembangunan. PUG ditujukan untuk mewujudkan kesetaraan gender dalam pembangunan, yaitu pembangunan yang lebih adul dan merata bagi seluruh penduduk Indonesia baik Laki Laki maupun Perempuan. Kebijakan dan praktik di dalam pemerintah atau organisasi yang memihak kepada mereka yang kurang terwakili karena adanya diskriminasi negatif  dengan strategi menghapus deskriminasi negatif ini bersifat sementara agar mereka dapat mengejar ketinggalannya (Strategi Afirmasi).  Selanjutnya dilakukan sesi tanya jawab dari peserta sosialisasi kepada Prof. Ismi Dwi Astuti, M.Si .

Sosialisasi Pengarusutamaan Gender di Lingkungan Polri dilanjutkan secara daring Kamis, 19 Mei 2022 di Kepolisian Kalimantan Barat dan dilanjutkan di 7 Provinsi lainya . Sosialisasi dilakukan seiring dengan terbitnya peraturan “Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Pengarusutamaan Gender di Lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia”.