Persiapkan PTNBH dan WCU melalui 5 Pilar Akselerasi, FISIP UNS Adakan Workshop Sinkronisasi RBA dan Indikator Kinerja Utama (IKU) 2019-2020

Persiapkan PTNBH dan WCU melalui 5 Pilar Akselerasi, FISIP UNS Adakan Workshop Sinkronisasi RBA dan Indikator Kinerja Utama (IKU) 2019-2020

Dalam rangka mewujudkan amanat Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS)  periode 2019-2023 Prof. Dr. Jamal Wiwoho, SH.M.Hum  tentang lima  pilar akselerasi UNS menuju PTNBH dan world class university (WCU), FISIP UNS menyelenggarakan  workshop dengan dengan tema  Sinkronisasi RBA Tahun Anggaran 2019 Terhadap 5 Pilar  Visi Misi Rektor UNS Dan Perencanaan RBA Tahun  Anggaran 2020. Workshop itu sendiri dilaksanakan  Selasa, 18 Juni 2019  mulai pukul 09.30 hingga 14.00 WIB bertempat di UNS Inn Solo dan diikuti oleh oleh jajaran dekanat, kaprodi, para pejabat struktural tim jaminan mutu, tim internasionalisasi, tim  borang fakultas, serta tim laboratorium dari masing-masing program studi dengan  menghadirkan narasumber dari Tim Perencanaan dan Pengembangan (Tim Renbang) UNS Dr. Sutanto, S.Si, DEA dan Agus Dwi Priyanto, S.S.,M.CALL.

Menurut Dekan FISIP UNS, Prof Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni,M.Si, kegiatan ini merupakan salah  satu usaha dan upaya FISIP UNS berproses menyamakan persepsi tentang Indikator kinerja Utama (IKU) FISIP UNS dan mengupayakan pencapaiannya berdasarkan 5 Pilar akselerasi UNS menuju PTNBH dan world class university. Kelima Pilar yang dimaksud adalah : (1) Mewujudkan akselesarasi profesionalisme dan kesejahteraan SDM; (2) Akselerasi publikasi dan inovasi; (3) Akselerasi Re-orientasi sistem pembelajaran yang sejalan dengan era revolusi industri 4.0. ; (4) Pengembangan institusi dan penguatan literasi; serta (5) Optimalisasi bidang hukum, kerja sama dan birokrasi.

Masih menurut Prof Ismi, workshop ini  juga  dimaksudkan sebagai review terhadap RBA tahun 2019 sekaligus perencanaan RBA Tahun 2020 serta sinergi dan sinkronisasi terhadap  apa yang telah dicapai UNS saat ini  dan tujuan yang akan dimasa yang akan datang baik jangka pendek, menengah maupun Panjang. Mengingat Tahun 2019 ini banyak pejabat baru di lingkungan FISIP UNS maka diperlukan  pembekalan awal sebagai langkah menentukan indeks kinerja utama  di tahun 2019-2023,   agar sejalan antara tujuan fakultas,  universitas, maupun Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi  terutama dalam  hal  rancangan bisnis dan anggaran untuk tahun 2020 termasuk di dalamnya membuat rancangan RPJP 2019-2023 agar segera tercapai akselearasi visi dan misi yang telah ditetapkan ini.

Selain itu, harapan lain atas terselenggaranya workshop ini  adalah pencapaian  indikator kinerja utama (IKU) FISIP UNS yang mengacu pada  IKU universitas yang telah ditetapkan berdasarkan  referensi perencanaan UNS Tahun 2019-2023 yang mengacu pada  10 perangkingan   yaitu  QS-World University Ranking, QS-Asia University Ranking, QS-STARS, Time Higher Education (THE) Ranking, kontrak kinerja dengan Menristekdikti, Klasterisasi  Perguruan Tinggi oleh Kemenristekdikti,  Pakta  Integritas Rektor dengan PTNBH, webometric, 4icu.org dan   UI Greenmatics.  (Maryani FISIP UNS)