FISIP UNS Mengadakan Rapat Pengembangan Lab Sebagai Income Generating Revenue

FISIP UNS Mengadakan Rapat Pengembangan Lab Sebagai Income Generating Revenue

FISIP UNS Mengadakan Rapat Pengembangan Lab Sebagai Income Generating Revenue pada Selasa, 10 Mei 2022 sampai hari Rabu, 11 Mei 2022. Rapat ini dihadiri Dekan FISIP UNS, Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si, Koordinator Bagian Tata Usaha, Subkoordinator Subbagian NonAkademik FISIP UNS, Subkoordinator Subbagian Akademik FISIP UNS dan Kepala Program Studi yang ada di FISIP UNS. Rapat ini dibuka dengan sambutan dari Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret, kemudian dilanjutkan pemaparan dari Kepala Program Studi. Untuk hari Selasa, 10 Mei 2022 untuk sesi pertama dari program studi Administrasi Negara , untuk sesi kedua pemaparan dari program studi Sosiologi dan hari Rabu, 11 Mei 2022 untuk sesi pertama dari program studi Hubungan Internasional, untuk sesi kedua dari program studi Ilmu Komunikasi.

Program kerja Laboratorium Sosiologi terdiri dari tiga pilar. Pilar pertama, adalah Peningkatan Mutu Laboratorium, Relevansi dan Daya Saing. Pilar kedua adalah Pemerataan dan Perluasan Akses Laboratorium Sosiologi. Pilar ketiga, adalah Penguatan Tata Kelola, Akuntabilitas dan Strategi Publik. Berdasarkan pilar-pilar tersebut program kerja disusun untuk mencapai target pencapaian program yang akan dapat diwujudkan dari tahun 2021 – 2024.

Program Studi Hubungan Internasional ingin terciptanya laboratorium “Soft Power Diplomacy” yang bertujuan untuk menemukan kecenderungan karakteristik dalam interaksi di dalam proses diplomasi di Indonesia. Akan difungsikan kedalam empat fungsi laboratorium yaitu Laboratorium sebagai pusat pengembangan penelitian, Laboratorium sebagai penunjang prestasi mahasiswa, Laboratorium sebagai penunjang pembelajaran, Laboratorium sebagai Revenue Generating Unit.

Program Studi Ilmu Komunikasi ingin menciptkan Laboratorium Sebagai RGU (Revenue Generating Unit) yang akan difungsikan untuk Training Center, Production House dan Media Research Center. Training Center ini untuk Training Public Relation untuk umum dan Sertifikasi BNSP Public Relations Officer. Production House untuk memproduksi berbagai konten media seperti Audio, Video, Artikel, Infografis, dan sebagainya. Media Research Center untuk menyediakan jasa riset/analisis media, khalayak, opini public, audit komunikasi.

Dengan adanya rapat pengembangan laboratorium ini diharapkan dapat memberikan learning outcome yang jelas yakni dalam bentuk layanan-layanan yang jelas dan revenue generating outcome. Permasalaan yang dihadapi adalah tumpang tindih jobdesc antara prodi dan laboratorium.