FISIP UNS Jalin Kerjasama dengan Mahkamah Konstitusi (MK) RI

FISIP UNS Jalin Kerjasama dengan Mahkamah Konstitusi (MK) RI

Rabu, 25 Mei 2022 Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Mahkamah Konstitusi (MK) RI l. Kemudian dilanjutkan dengan Kuliah Umum dengan tema “INTERNALISASI IDEOLOGI PANCASILA DI ERA DIGITAL  BAGI GENERASI MILENIAL” . Acara ini diadakan di Aula Gedung 1 Lantai 2 FISIP UNS

Acara dihadiri oleh Ketua MK RI,Prof. Dr. Anwar Usman, S.H., M.H.,  Hakim Konstitisi Prof. Dr. Arief Hidayat, S.H., M.S., Dekan FISIP UNS, Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si., Kepala Program Studi yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dan Mahasiswa yang hadir secara luring sebanyak 51 Mahasiswa dan 212 mahasiswa yang mengikuti secara daring melalui zoom meeting.

Perjanjian Kerjasama ini mencangkup kegiatan magang untuk mahasiswa FISIP UNS dan untuk Pengabdian kepada masyarakat. Mahasiswa FISIP UNS yang terdiri dari Program Studi S-1 Ilmu Administrasi Negara, S-1 Sosiologi, S-1 Hubungan Internasional (HI), dan S-1 Ilmu Komunikasi.

Dilanjutkan dengan acara Kuliah Umum dengan Keynote Speaker Ketua MK RI, Prof. Dr. Anwar Usman, S.H., M.H., Hakim Konstitisi Prof. Dr. Arief Hidayat, S.H., M.S. dan Dekan FISIP UNS, Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si. untuk Moderatornya Kaprodi Hubungan Internasional FISIP Drs. Ign. Agung Satyawan, S.E., S.Ikom., M.Si., Ph.D.

Prof. Dr. Arief Hidayat, S.H., M.S., menyampaikan “Untuk menjaga, mempertahankan, dan merawat NKRI dan Pancasila, kita harus berpegang dan berkhidmat kembali pada komitmen mula-mula bangsa ini, bahwa sejak merdeka pada tahun 1945, kita bersepakat bulat untuk mengikatkan diri dan diikat oleh visi, misi, serta tujuan bernegara yang sama, yaitu untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia; memajukan kesejahteraan umum; mencerdaskan kehidupan bangsa; dan ikut serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Itulah ikatan kuat sekaligus titik kesamaan yang mampu mempersatukan di antara perbedaan-perbedaan yang ada dan melatarbelakanginya.”

Acara diakhiri dengan penyerahan Sertifikat Kuliah Umum yang diwakili dari mahasiswa yang datang secara luring yang diserahkan oleh Prof. Dr. Arief Hidayat, S.H., M.S. dan Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si.