Penyuluhan Pemanfaatan e-Health di era pandemi Covid-19 bagi Lansia di Kota Solo

Penyuluhan Pemanfaatan e-Health di era pandemi Covid-19 bagi Lansia di Kota Solo

Pandemi Covid-19 mendorong manusia untuk membatasi pergerakannya. Salah satu kegiatan yang dibatasi dan beresiko tinggi adalah mengunjungi pusat-pusat kesehatan untuk berobat. Untuk itu dalam beberapa kesempatan pemerintah menyarankan penggunaan  fasilitas kesehatan elektronis (e-Health) untuk mendapatkan informasi kesehatan mendasar. Pemanfaatan fasilitas e-Health ini tidak berarti mudah digunakan oleh semua orang diberbagai rentang usia. Para warga lanjut usia atau lansia, memiliki berbagai keterbatasan dalam mengakses informasi tersebut, padahal para lansia tersebut juga digolongkan ke dalam kelompok risiko tinggi tertular Covid-19. Oleh karena itu pemanfaatan sistem e-Health merupakan salah satu solusi untuk mengurangi pergerakan lansia dengan tetap memberikan informasi kesehatan yang memadai bagi mereka.

 Alternative Text
Gambar 1. Penyampaian survei oleh tim dosen RG Smart Governance UNS

Pengabdian pada masyarakat ini dilakukan oleh RG Smart Governance FISIP UNS untuk memberikan penyuluhan pada lansia tentang pemanfaatan e-Health di era pandemi Covid-19 ini. Penyuluhan ini dilakukan untuk melatih lansia agar mampu mandiri dalam memperoleh akses dan memilah informasi kesehatan yang sahih seputar Covid-19 tanpa perlu melakukan perjalanan fisik yang beresiko tertular virus tersebut. Penyuluhan ini dilakukan di Kelurahan Mangkubumen di Kota Surakarta terhadap para peserta pos pelayanan terpadu lanjut usia atau dikenal juga dengan Posyandu Lansia. Diharapkan melalui penyuluhan ini lansia dapat mengoperasikan perangkat e-Health dengan baik.

Gambar 2. Penyuluhan oleh tim dokter dari UMS

Kegiatan penyuluhan dilaksanakan pada hari Minggu, 25 September 2021 pukul 09.30 yang diikuti oleh kurang lebih 18 lansia dari Posyandu Lansia “Melati 1” dan Posyandu Lansia “Lavender 78” Kelurahan Mangkubumen, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo. Pemberian materi penyuluhan dilakukan oleh 3 narasumber, yaitu Siti Rokhayah, S.E. (Lurah Kelurahan Mangkubumen), Almira Berliana (Dokter Muda FK UMS), dan Maksum Nur Fauzan dari RSGM (Rumah Sakit Gigi dan Mulut) Soelastri. Kegiatan dibuka dengan sambutan yang diberikan oleh Drs. Is Hadri Utomo, M.Si selaku perwakilan dosen dari tim pengabdian RG Smart Governance.

Selanjutnya, Siti Rokhayah, S.E. selaku Lurah Kelurahan Mangkubumen yang memberikan pengantar mengenai kondisi lansia yang berada di Kelurahan Mangkubumen dan rekomendasi penggunaan e-health bagi lansia. Sebelum masuk sesi pemaparan materi, para lansia diberikan waktu untuk mengisi pre-test yang sudah disiapkan oleh tim pengabdi untuk mengukur sejauh mana para lansia yang hadir mengenal e-health. Setelah itu, materi pertama disampaikan oleh Almira Berliana, selaku dokter muda dari FK UMS memaparkan mengenai pengaruh kondisi pandemi terhadap ancaman kesehatan lansia dan urgensi penggunaan e-health bagi lansia. Kemudian, materi kedua yang disampaikan oleh Maksum Nur Fauzan dari RSGM (Rumah Sakit Gigi dan Mulut) Soelastri memaparkan mengenai jenis-jenis e-health yang dapat dimanfaatkan oleh para lansia, seperti Halodoc, Alodokter, dan Teledentistry di RSGM Soelastri beserta penjelasan tutorial penggunaannya. Kegiatan ditutup dengan pemberian post-test untuk mengukur pemahaman lansia terhadap materi yang telah disampaikan oleh narasumber.