FISIP UNS Jadi Tuan Rumah IAPA Annual Conference

FISIP UNS Jadi Tuan Rumah IAPA Annual Conference

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) bekerjasama dengan Association for Public Administration (IAPA) kembali menyelenggarakan konferensi internasional tahunan Indonesia. Konferensi dilaksanakan  Rabu, 27 Oktober 2021  secara virtual mulai pukul 08.00-17.00 WIB dan dibuka oleh Rektor Universitas Sebelas Maret, Prof. Dr. H. Jamal Wiwoho, SH, M.Hum.

Konferensi  dilaksanakan secara virtual dengan peserta yang terdiri dari akademisi dan pelaksana kebijakan publik, baik dari dalam maupun luar negeri dengan mengangkat tema spesifik Governance and Public Policy in Society 5.0, dengan subtema mencakup mitigasi bencana, agile governance, tata kelola pemerintahan regional, kebijakan publik, dan manajemen publik di era Society 5.0.

Para pembicara yang dihadirkan dalam konferensi kali ini merupakan para pakar di bidang administrasi negara/administrasi publik yang berasal dari berbagai negara dengan tujuan untuk memperkaya khazanah pembahasan materi terkait tata kelola pemerintahan dan kebijakan publik di era kontemporer, yang menjadi topik utama seminar nasional ini. Pembicara-pembicara tersebut antara lain: Prof. Paul Henman dari The University of Queensland, Australia; Dr. Li Li Pang dari Universiti Brunei Darussalam, Brunei Darussalam; Prof. Kwon Gi-Heon dari Sungkyungkwan University, Korea Selatan; Alex B. Brilliantes Jr. Ph.D dari University of Phillippines Diliman, Philipina; Prof. Dr. Agus Pramusinto, MDA dari Universitas Gadjah Mada, serta Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si. dari Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Dua moderator memandu jalannya konferensi yang berjalan dalam dua sesi plenary dari konferensi ini masing-masing adalah Rino A. Nugroho, S.Sos, M.T.I, Ph.D selaku dosen Program Studi Ilmu Administrasi Negara FISIP UNS dan Kepala Kantor Urusan Internasional UNS, serta Oscar Radyan Danar, S.AP, M.AP., Ph.D. dosen Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Kegiatan ini diapresiasi baik oleh presenter dan peserta konferensi serta civitas akademika FISIP UNS pada umumnya. (Maryani UNS)