FISIP UNS Terima Studi Banding UIN Sunan Ampel Surabaya

FISIP UNS Terima Studi Banding UIN Sunan Ampel Surabaya

Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya mengadakan kunjungan studi banding ke Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Senin (11/10/21). Kegiatan yang dibuka Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Kemahasiswaan FISIP UNS, Dra. Prahastiwi Utari, M.Si. Ph.D. tersebut bertujuan untuk berbagi informasi, pengetahuan, pengalaman serta potensi kerja sama diantara dua institusi.

Bertempat di Ruang Seminar FISIP UNS, hadir pada kesempatan ini Wakil Dekan Bidang SDM, Keuangan dan Logistik FISIP UNS, Dr. Ahmad Zuber, S.Sos. D.E.A, Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Kerjasama Bisnis dan Informasi FISIP UNS, Dr. Kristina Setyowati, M.Si., Kaprodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS, Sri Hastjarjo, S.Sos. P.hD., Kaprodi S2 Ilmu Komunikasi FISIP UNS, Dr. Andre  Novie Rahmanto, S.Sos. M.Si. serta sejumlah staf pengajar Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS. Sementara hadir dari pihak Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel yakni Pardianto, S.Ag., M.Si., Dr. Ali Nurdin, S.Ag. M.Si., Abu Amar Bustimi, M.Si., Ariza Qurrata A’yun, M.Ed.Kom., Afifatur Rohimah, M.Ikom., Romdhon, M.Pd., dan Ahmad Roziqin, S.Pd.I.

Dalam  kesempatan itu, Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Kemahasiswaan,  Prahastiwi Utari, M.Si, PhD,   menyambut baik kunjungan studi banding dalam upaya meningkatkan  potensi kerjasama diantara dua institusi  yang memiliki sama-sama memiliki basis kajian komunikasi, baik Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS maupun Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya.Dari kesamaan yang ada tersebut diharapkan dapat saling berkolaborasi untuk kemajuan bersama.

Hal serupa disampaikan oleh Kaprodi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya, Pardianto S.Ag., M.Si., yang memandang pentingnya sinergisitas antar perguruan tinggi dalam rangka kemajuan bersama. “Dengan kunjungan studi banding ini, kami saling sharing informasi dan pengalaman. Kami belajar banyak hal dari Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS sebagai program studi yang berpengalaman dan maju,” jelasnya.

Kaprodi S1 Ilmu Komunikasi, Sri Hastjarjo PhD, dalam paparannya menjelaskan tentang profil Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS, hingga keunggulan dan prestasi institusi. Dan berharap kunjungan studi banding ini dapat memperluas jaringan kerja sama antarperguruan tinggi penyelenggara ilmu komunikasi, diantaranya program pertukaran mahasiswa, join class, pertukaran artikel bahan jurnal/proseding, kolaborasi penerbitan buku atau book chapter dan laboratorium partner.

“Di kami (Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS), selain skripsi juga ada semacam tugas akhir atau TA. Jadi mahasiswa boleh memilih skripsi atau TA. TA menyesuaikan dengan spesialisasi yang dipilih mahasiswa tersebut saat perkuliahannya yakni Jurnalistik, Periklanan, Humas/Public Relations, Radio dan Video/TV,” imbuh doktor alumnus The University of Newcastle, Australia ini.

(Herwindya/Maryani UNS)