Tiga Prodi di UNS Mengikuti Assesment Akreditasi Internasional FIBAA

Tiga Prodi di UNS Mengikuti Assesment Akreditasi Internasional FIBAA

Tiga  Program Studi (Prodi) di UNS  tengah mengikuti proses penilaian untuk memperoleh akreditasi internasional dari Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA) sebagai bagian dari upaya UNS  menjadi world class university. FIBAA merupakan lembaga akreditasi internasional yang terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan  berorientasi internasional untuk penjaminan dan pengembangan kualitas dalam pendidikan tinggi.

Ketiga Prodi tersebut Prodi S1  Ilmu Administrasi Negara FISIP, Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP dan Ilmu Hukum Fakultas Hukum UNS. Kegiatan assessment akreditasi FIBAA dilaksanakan  dari tanggal 5-7 Oktober 2021 mulai pukul  08:00 German Time atau jam 13:00 WIB sampai dengan jam 14:00 German Time atau jam 19:00 WIB, dilakukan secara daring dengan menggunakan platform zoom, dan luring di  UNS Inn.

Adapun assesor (the expert panel) FIBAA cluster  yaitu Prof. Dr. Dennis Hilgers (Johannes Kepler Univesity Linz, Austria), Prof. Dr. Karin Halbritter (IO Internationale Hochschule Germany), Prof. Dr. Wolfgang Voegeli (University of Hamburg Germany), Ass. Professor Dr. Radian Salman (Universitas Airlangga Surabaya), Dipl. Handelslehrer Gerd Rieger (Rieger Training-Innovatives Wirtschaftstraining Germany), Judith Barth (perwakilan mahasiswa University of Cologne Germany), dan Maya Koehler (Project Manager FIBAA)

Acara diawali dengan presentasi Pimpinan  UNS yang  diwakili oleh Wakil Rektor  Akademik dan Kemahasiswaan,  Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S, didampingi Prof. Dr.rer.nat. Sajidan, M.Si (Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi), Prof Sarwiji Suwandi MPd (Ketua LPPMP), dan  Irwan Trinugroho,S.E.,M.Sc.,PhD  (Direktur Kerjasama dan Internasionalisasi).

Masing-masing prodi sebelumnya telah menyiapkan dokumen Self Evaluation Report (SER) sebagai dokumen yang diajukan untuk proses akreditasi ini. Dokumen SER disiapkan oleh tim yang penuh dedikasi dalam mendukung proses pelaksanaan akreditas ini.

Tiga prodi yang diassesment melibatkan perwakilan program manajemen yang terdiri pimpinan  dekanat, kaprodi, dan ketua tim akreditasi prodi, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan alumni. Hadir mengikuti assesment dari Prodi Ilmu Administrasi Negara, perwakilan tim managemen program Dekan FISIP UNS, Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, MSi,  Wakil Dekan Akademik, Riset dan Kemahasiswaan Prahastiwi Utari, PhD, Dr. Asal Wahyuni Erlin Mulyadi., MPA (Kaprodi), dan Rino Ardhian Nugroho, MTI., Ph, D  sebagai  Ketua Tim kegiatan. Hadir pula dalam kegiatan tersebut perwakilan tim dosen,  perwakilan tim administrasi,  perwakilan mahasiswa,  serta perwakilan alumni prodi Ilmu Administrasi Negara  Djoko Wibowo, S.Sos., MT yang sekarang menjabat sebagai Kepala Bidang Percepatan Pembangunan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian  dan Bagus Pambudi., S.Sos., MPA yang menjabat sebagai Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah.

Dr. Asal Wahyuni Erlin Mulyadi, MPA selaku Kaprodi Ilmu Administrasi Negara, mengucapkan terima kasih kepada semua tim yang terlibat mulai dari unsur pimpinan, dosen, tendik, mahasiswa, dan para alumni. Dan berharap semoga pelaksanaan akreditasi ini lancar dan berhasil dengan sangat baik untuk mewujudkan UNS menjadi World Class University. (Maryani UNS)