Penjajakan Pelaksananaan Uji Publik antara Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah dan FISIP UNS

Penjajakan Pelaksananaan Uji Publik antara Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah dan FISIP UNS

Kamis, 30 September 2021, bertempat di Ruang Transit  FISIP UNS gedung 1  lantai 2, telah dilaksanakan    penjajakan dan audiensi kerjasama Uji Publik antara Komisi Informasi Publik  (KIP) Provinsi Jawa Tengah dan FISIP UNS tentang pelaksananaan  KIP Award  2021.  Hadir dalam acara tersebut Ketua Komisioner Komisi Informasi Provinsi Jawa tengah Drs. Sosiawan, Komisioner Bidang Kelembagaan, Ermi Ardhyanti;  dan beberapa staf komisioner. Sedangkan dari FISIP UNS dihadiri oleh Dekan beserta Wakil Dekan dengan Kepala Prodi S2 Magister Ilmu Komunikasi dan beberapa tenaga kependidikan.

KIP Award  2021 merupakan sebuah ajang yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi (KI) Provinsi Jawa Tengah untuk menilai kualitas layanan informasi publik terutama keterbukaan informasi penanganan Covid-19 melalui  Uji Publik pada badan publik  yang ada di Provinsi Jawa Tengah.

Beberapa tahapan yang harus dilalui oleh badan publik tersebut diantaranya penilaian kuesioner penilaian mandiri (Self Assesment Questinnaire) dan hasil visitasi SAQ yang meliputi penilaian atas website badan publik, melakukan Self-Assessment Questionnaire (SAQ) untuk diisi, kemudian mengevaluasinya. Setelah itu berlanjut presentasi, visitasi dan verifikasi badan publik di semua kategori yang akan dibicarakan lebih lanjut dalam pertemuan berikutnya sisertai dengan penandatangan kerjasama diantara dua lembaga ini yaitu Komisi Informasi   (KI) Provinsi Jawa Tengah dan FISIP UNS. Direncanakan akan ada 28 SKPD Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang berhak mengikuti Uji Publik nantinya.  (Maryani FISIP UNS)