Sosialisasi Gerakan Sosial Pengembangan Pangan Lokal oleh Riset Grup FISIP UNS

Sosialisasi Gerakan Sosial Pengembangan Pangan Lokal oleh Riset Grup FISIP UNS

Riset Grup (RG) Pembangunan dan Perubahan Sosial FISIP UNS, yang diketua Dr Argyo Demartoto M.Si, menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema  “Gerakan Sosial Pengembangan Pangan Lokal dimasa Pandemi Covid-19 Kabupaten Sukoharjo”, Minggu, 22 Agustus 2021,  pukul 10.00 – 12.00 WIB.

Sasaran dalam kegiatan ini  Kelompok Wanita Tani (KWT) Bastera Tejomoyo RT 03 RW 13 Telukan, Sukoharjo. Bastera sendiri merupakan akronim dari kata Bahagia dan Sejahtera. Kegiatan ini  yang dihadiri oleh anggota KWT Bastera sebanyak 13 orang dengan koordinator KWT bernama Ibu Sri Rejeki beserta ketua RT 03 RW 13 bernama Bapak Sulistiyo. Kegiatan pengabdian ini   dipimpin oleh Dr Trisni Utami M.Si, Dr. Argyo Demartoto.M.Si, Dr. Bagus Haryono M.SI , Dra Rahesli Humsona M.Si didukung mahasiswa prodi sosiologi.

Acara inti diawali dengan penjelasan materi oleh Dr. Trisni Utami, M.Si. yang menyampaikan tentang pentingnya budidaya tanaman pangan lokal, baik dari segi kesehatan hingga kemudahan dalam pemenuhan kebutuhan pangan mandiri. Dilanjutkan pemberian materi kedua oleh  Dr.  Argyo Demartoto, M.Si yang menjelaskan mengenai Pandemi Covid-19 dan pentingnya penjagaan kesehatan dari segi gizi dan vaksinasi. Kemudian penyampain materi penutup tentang sekolah online oleh Dr. Bagus Haryono, M.Si.

Menurut Dr. Argyo Demartoto, yang juga Kepala Prodi S1 Sosiologi FISIP UNS,  kegiatan sosialisasi yang diadakan ini dimaksudkan sebagai bentuk pengabdian dan pemberian pengetahuan lebih mendalam kepada KWT Bastera Tejomoyo mengenai pentingnya penanaman tanaman pangan lokal di pekarangan terutama di masa pandemi ini. Acara ditutup dengan pemberian bibit tanaman pangan lokal dengan jenis yang bervariasi, pupuk organik, dan paket sembako yang diberikan kepada setiap anggota KWT yang hadir.  (Maryani FISIP UNS)