Beri Pengetahuan Dasar, Prodi Sosiologi dan Himasos Adakan Sarasehan Bagi Mahasiswa Baru 2021

Beri Pengetahuan Dasar, Prodi Sosiologi dan Himasos Adakan Sarasehan Bagi Mahasiswa Baru 2021

Salah satu langkah memberikan pengetahuan kepada mahasiswa baru Angkatan 2021 mengenai Program Studi (Prodi)  Sosiologi dan Himpunan Mahasiswa Sosiologi (Himasos) FISIP UNS menyelenggarakan Sarasehan Prodi Sosiologi Tahun 2021.Karena masih dalam masa pandemi, sarasehan prodi sosiologi tahun 2021, digelar secara daring melalui platform zoom meeting, Sabtu 21 Agustus 2021, mulai pukul 13.00-Selesai dan dihadiri secara virtual oleh kepala program studi,  para dosen sosiologi, pengurus Himasos, serta mahasiswa baru prodi sosiologi FISIP UNS angkatan 2021 yang berjumlah 111 mahasiswa, termasuk 1 mahasiswa internasional dari Namibia.

Dr. Argyo Demartoto, M.Si, Kepala Prodi Sosiologi FISIP UNS,menyampaikan sarasehan itu berupa ajang pengenalan prodi sosiologi FISIP UNS terhadap mahasiswa. Acara ini dikoordinir oleh Himasos yang dihadiri sekitar 150-an peserta, terdiri dari  mahasiswa baru, pengurus Himasos dan dosen Sosiologi serta admin prodi sosiologi. Kaprodi sosiologi, Dr Argyo Demartoto M.Si, juga  memperkenalkan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi  yang dilakukan prodi Sosiologi yang sudah terakreditasi A, seperti pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian, serta berbagai kegiatan ilmiah dan non ilmiah yang  dapat  diakses mahasiswa untuk  mendukung kualitas lulusan prodi Sosiologi. Kegiatan tersebut diantaranya merdeka belajar kampus merdeka (MBKM), PIMNAS, PKM, berbagai event ilmiah baik nasional maupun internasional..

Sarasehan ini menurut salah seorang panitia, Dwi Setiyaningsih, merupakan salah satu program kerja dari divisi Himasos FISIP UNS, dan  bertujuan  sebagai media untuk menyambut mahasiswa baru prodi sosiologi agar memahami prodi  sosiologi dan Himasos sebagai salah satu organisasi kemahasiswaan bagi mahasiswa prodi sosiologi FISIP UNS nantinya. Sebagai program rutin,  sarasehan prodi sosiologi diharapkan dapat  dimanfaatkan untuk sharing-sharing kegiatan akademik maupun non akademik prodi sosiologi,  baik yang berhubungan dengan para dosen pengajarnya, kurikulum yang berlaku, model pembelajaran, dan  informasi-informasi penting lainnya.

Dalam proses pembelajarannya para mahasiswa baru diharapkan mau berorganisasi melalui organisasi kemahasiswaan jurusan yaitu melalui Himasos dengan  semua program kerjanya yang berkelanjutan demi mengasah kemampuan mahasiswa itu sendiri saat nanti terjun di masyarakat. Mahasiswa baru sangat antusias dengan kegiatan tersebut, apalagi akan dimulai kuliah semester ganjil ini tak lama lagi. (Maryani FISIP UNS)