292 Mahasiswa FISIP UNS Ikuti Vaksinasi Covid-19, Hasil Kerjasama UNS dan TNI

292 Mahasiswa FISIP UNS Ikuti Vaksinasi Covid-19, Hasil Kerjasama UNS dan TNI

Senin, 5 Juni 2021, telah dilaksanakan vaksinasi untuk mahasiswa di empat  fakultas UNS yaitu  Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) , Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta serta Fakultas Keolahragaan (FKOR) UNS. Direncanakan ada 1000 mahasiswa yang akan divaksin hari ini, dan bila belum memenuhi target akan dibuka pendaftaran untuk memenuhi target yang telah ditetapkan melalui google form panitia yang telah dipublikasikan sebelumnya. Sebanyak 292 mahasiswa dari  FISIP UNS ikut dalam  vaksinasi tahap ketiga.

Hadir dalam kegiatan vaksinasi tahap ketiga ini,  Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, SH, M.Hum, Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir.  Ahmad Yunus, MS, para Wakil Dekan Akademik, Riset dan Kemahasiswaan dari keempat fakultas serta para pejabat TNI. Acara dimulai pukul 08.30 hingga 15.00 WIB dan dipusatkan di Auditorium  Fakultas Kedokteran UNS.

Beberapa langkah yang harus ditempuh mahasiswa yang mengikuti vaksin adalah melakukan registrasi ulang, melakukan screening kesehatan yaitu cek suhu tubuh, pemeriksaan tensi meter dan anamnesis kesehatan lainnya.
Setelah itu peserta vaksin menuju meja vaksin, dan diobservasi selama 15-30 menit berikutnya untuk mengetahui adakah efek dari vaksin yang diberikan. Para peserta vaksin diharuskan membawa berkas seperti fotokopi KTP, kartu mahasiswa, lembar vaksinasi, dan lembar skrining kesehatan.

Rektor UNS  menyampaikan, bahwa vaksinasi Covid-19 yang diberikan kepada mahasiswa merupakan hasil kerjasama antara UNS dengan TNI dan wujud  keseriusan UNS dalam mempersiapkan dan mendukung rencana Perkuliahan Tatap Muka (PTM).

Banyak  mahasiswa baik dari Badan Eksekutif Mahasiswa  fakultas maupun mahasiswa dari  FK UNS  dilibatkan untuk membantu pelaksanaan vaksinasi ini baik  untuk proses pendaftaran,  skrining  hingga menyuntikkan vaksin Covid-19 di bawah pendampingan dokter dari pihak TNI.

Vaksinasi Covid-19 tahap ketiga  tetap mengikuti standar yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, yaitu adanya meja registrasi,  meja skrining, meja vaksin serta ruang khusus untuk memantau proses vaksinasi yang telah dilakukan  yang diistilahkan sebagai  KIPI atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi.  (Maryani FISIP UNS)