FISIP Coffee Talks 5 : Inovasi Kebijakan Publik : Dimensi Teoritis dan Praktis

FISIP Coffee Talks 5 : Inovasi Kebijakan Publik : Dimensi Teoritis dan Praktis

FISIP UNS kembali melaksanakan acara FISIP Coffee Talks 5  dengan tema  Inovasi Kebijakan Publik : Dimensi Teoritis dan Praktis. Kegiatan ini dilaksanakan Selasa, 15  Juni 2021, melalui zoom meeting dengan narasumber  Prof. Dr. Muhadjir M. Darwin, MPA (Expertise dalam KebijakanPublik FISIPOL UGM)  dengan moderator Dr. Rina Herlina Haryanti,M.Si. Acara ini selain diikuti oleh sivitas akademik FISIP UNS juga diikuti oleh para pembuat kebijakan yang kompeten dalam  hal pembuat kebijakan

Dalam paparannya Prof Muhadjir menyampaikan bahwa inovasi harus dilakukan dalam semua ilmu pengetahuan, Inovasi bisa diartikan sebagai produk (gagasan, Teknik, metode, barang bahkan kebijakan yang  baru), proses (invensi (menemukan yang sebelumnya belum pernah ada), inovasi (pembaharuan yang sebelumnya pernah ada), difusi (pembauran/penyebaran)) , aktor (inventor, innovator,  entrepreneur, policy maker, broker, diffuser, adopter), kapasitas (mengembangkan derajat inovasi dan kreativitas antar orang, antar lembaga)  dan ideologi.

Melalui  corporate social innovation bisa dilakukan oleh universitas  untuk mengembangkan inovasi  melalui prototipe yang kemudian dikembangkan oleh proyek dari segi  Industri dengan mengajak  seluruh masyarakat untuk melakukan atau berkontribusi dalam pelaksanaan hasil inovasi yang telah dikembangkan. Inovasi  yang dilakukan meliputi banyak bidang diantaranya politik, kebijakan, administrasi negara, kepemimpinan, teknik, filsafat, ekonomi, komunikasi, psikologi, antropologi. Sosiologi.

Prof  Muhadjir juga menyampaikan hubungan  antara 3 (tiga) konsep besar inovasi, kebijakan dan kepemimpinan  yaitu 1) membuat inovasi perundang-undangan, kebijakan, yang baru dengan cara yang baru; 2) bagaimana pemerintah membuat instrumen agar inovasi dapat dilakukan di masyarakat. (Maryani FISIP UNS)

linklengkap bisa dilihat di https://youtu.be/FtYjxbsyLMY