FISIP UNS Kembali Selenggarakan Pelatihan Analisis  Data dengan Menggunakan Perangkat Orange

FISIP UNS Kembali Selenggarakan Pelatihan Analisis  Data dengan Menggunakan Perangkat Orange

Koordinator Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Fakultas (KPPMF) FISIP UNS, Dr. Rutiana Dwi Wahyunengseg, M.Si,  kembali menginisiasi penyelenggaraan pelatihan analisis  data, kali ini dengan menggunakan perangkat (software) Orange. Pelatihan analisis  data dengan menggunakan perangkat orange ini,  dilaksanakan Jumat, 11 Juni 2021, mulai pukul 08.00-11.30 WB dengan narasumber  Dr. MD. Enjat Munajat, S.Si., MTI, Ph.D, Dosen Universitas Padjajaran, dengan peserta anggota Grup Riset  FISIP UNS dan mahasiswa baik program sarjana, magister maupun doktor.

Menurut Ketua KPPMF FISIP UNS, Dr. Rutiana Dwi Wahyunengseh, M.Si, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan maupun pemahaman baik bagi para akademisi dalam  riset grup FISIP UNS maupun para mahasiswa terkait perangkat (tool) yang bisa digunakan  untuk pengolahan data analytics/data mining setelah sebelumnya dengan menggunakan software tableau. Software orange merupakan  software open source, dan memiliki  keunggulan dalam hal visualisasi atau  visual programming karena berbasis GUI sehingga perlu diperkenalkan bagi semua akademisi maupun mahasiswa sebagai update pengetahuan terutama dalam pengolahan data untuk ilmu sosial.

Dalam paparannya Dr. Enjat menyampaikan bahwa software orange menyediakan banyak widget yang dapat  diletakkan pada canvas/drawing board yang dapat  dihubungkan lagi  dengan widget widget lainnya, sehingga dapat  memudahkan pemakai bermain dengan data dan melakukan proses data analytics secara intuitif. Dengan menggunakan software orange data mining kita dapat menganalisis suatu data penelitian, text berita, text opini masyarakat, text program kerja dan lain sebagainya. Selain widget, orange juga menyediakan beberapa add-on / modul untuk problem pada domain domain tertentu seperti text mining/text analytics, bioinformatics, network data / social network, model maps, prototypes process, dan lain lain  lanjut Dr. Enjat sambil memberikan cara pengoperasian software orange ini hingga pukul 11.30 WIB. (Maryani FISIP UNS)