KPPMF FISIP UNS Adakan Pelatihan Teknik Analisis Data untuk Penelitian Sosial dengan Software Tableau Tool

KPPMF FISIP UNS Adakan Pelatihan Teknik Analisis Data untuk Penelitian Sosial dengan Software Tableau Tool

Penyajian data hasil analisis merupakan salah satu upaya penting untuk memudahkan setiap komponen dalam organisasi/perusahaan memahami konten hasil analisis. Seiring dengan pertumbuhan big data data science dan perkembangan era informasi, para analis memerlukan aplikasi yang mampu mengolah data yang besar dengan tempo yang singkat. Banyak sekali aplikasi atau tools yang dapat menanganinya, salah satunya adalah Tableau. Tableau merupakan salah satu tools yang dapat digunakan untuk kumpulan data dalam  jumlah banyak dan harus diolah serta dirangkum agar mudah dimengerti. Karena Tableau adalah software yang tepat untuk menyederhanakan data tersebut.

Dengan melihat latar belakang diatas, KPPMF FISIP UNS menyelenggarakan Pelatihan Teknik Analisis Data untuk  Penelitian Sosial dengan topik Data Source, Crawling, Analytical,Visualization Using Tableau, yang dilaksanakan Senin, 7 Juni 2021 mulai pukul 09.00-12.00 WIB dengan aplikasi zoom meeting, dengan menghadirkan narasumber Dr. MD.Enjat Munajat,S.Si., MTI, Ph.D, Dosen dari Universitas Padjajaran Bandung.

Menurut KPPMF FISIP UNS, Dr. Rutiana Dwi Wahyunengseh,M,Si kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas institusi Grup Riset Fakultas Ilmu Sosial dan Politik khususnya dan memberi pemahaman akan penggunaan tool  yang dapat digunakan untuk  mengumpulkan, mengolah dan memvisualisasi data agar lebih mudah dipahami dengan menggunakan konsep serta teknik Tableau. Dr. Rutiana menambahkan sebanyak 79 peserta mengikuti acara ini baik dari para akademisi seperti  dosen maupun  mahasiswa,  baik dari program  sarjana, magister hingga program doktor di UNS. (Maryani FISIP UNS)