Tim Pengabdi Local Government FISIP UNS Adakan Pelatihan Ecopreneurship

Tim Pengabdi Local Government FISIP UNS Adakan Pelatihan Ecopreneurship

Isu penanggulangan kemiskinan di Indonesia,  fokus pada tujuan sustainable development goals, dan dampak akibat  pandemi Covid-19. Salah satu upaya yang  yang dapat dilakukan untuk menurunkan kemiskinan adalah dengan meningkatkan pendapatan ibu rumah tangga dari keluarga miskin.  Berkaca dari hal diatas tim pengabdi local government FISIP UNS dengan Ketua Pengabdian Dr. Rutiana Dwi Wahyunengseh, S.Sos.,M.Si. dan anggota pengabdian Dr. Didik Gunawan Suharto, S.Sos., M.Si., Drs. Wahyu Nurharjadmo, M.Si.  dan Drs. Son Haji, M.Si. menyelenggarakan  pelatihan ecopreneurship bagi  ibu rumah tangga dari keluarga miskin bermitra  dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta.

Pelatihan ecopreneurship dilaksanakan  Kamis, 20 Mei 2021, pukul 09.00 WIB – 13.00 WIB di Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta, Jl. Menteri Supeno No. 10 Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta dengan bentuk kegiatan pelatihan bagi perempuan mengelola sampah, dengan menggandeng mitra lain dari LPK Cenil. Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang peserta yang  diberi penyuluhan dan pelatihan  tentang mengelola lingkungan yang sehat dan pelatihan pembuatan produk daur ulang sampah yang bernilai ekonomis.

Menurut Ketua Tim Pengabdi, Dr. Rutiana, terkait  pelatihan ecopreneurship bagi  ibu rumah tangga dari keluarga miskin di masa pandemi covid-19, dalam kerangka pembangunan berkelanjutan, peningkatan pendapatan tanpa merusak lingkungan menjadi prioritas.  Oleh karena itu pengabdian pada masyarakat ini  bertujuan untuk mengamankan dua tujuan pembangunan berkelanjutan, yaitu peningkatan peroduktiivittas keluarga miskin dan mengubah sampai menjadi produk bernilai ekonomis untuk mendukung kualitas lingkungan berkelanjutan. Dengan melakukan pengabdian pada masyarakat  dan  bermitra dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta, maka akan dapat memberikan produk-produk  bernilai ekonomis dari daur ulang sampah yang menjadi masalah lain bagi lingkungan hidup. (Maryani FISIP UNS)