Tiga Tim PKM FISIP UNS berhasil lolos dalam Pendanaan PKM Dikti 2021

Tiga Tim PKM FISIP UNS berhasil lolos dalam Pendanaan PKM Dikti 2021

Tiga tim PKM FISIP UNS berhasil lolos dalam Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Dikti  tahun 2021 yaitu  dua dari  Tim PKM-K  ( PKM-Kewirausahaan )  dan satu Tim PKM Penerapan IPTEK (PKM-PI)  yang termasuk dalam PKM  5 Bidang berdasarkan  pengumuman Pendanaan PKM 2021 – Dikti dilaman https://simbelmawa.kemdikbud.go.id/portal/pengumuman-pendanaan-pkm-2021-dikti/ tanggal 6 Mei 2021.

Ketiga tim yang lolos pendanaan PKM 2021-Dikti tersebut :  (1) Tim PKM-Kewirausahaan (PKM-K)  dengan judul K  “Usaha Pembuatan Sabun Tablet Berbahan Lerak dan Minyak Jelantah (Disposable Hand Soap)” dengan anggota tim Farid Hasan dan Shafa Diaz Nurina Putri, keduanya mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Negara Angkatan 2018 dengan dosen pembimbing Drs. Priyanto Susiloadi, M.Si; (2) Tim PKM-Kewirausahaan (Tim PKM-K)   dengan judul “Stater Pack Masker, Konektor, dan Strap Untuk Anak Berbahan Alami dengan Desain Karakter Isu Perlindungan Hak Anak” dimana anggota tim adalah :   Shinta Rosilawati, Salmashanda Wahyu Nyndo,  Salsabila Inas Sausan,  Shelyn Erza Aditya,  mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Negara Angkatan 2019 ditambah Muhammad Atha Sulthan Zacky angkatan 2020 dengan dosen pembimbing Dr. Rina Herlina Haryanti, S. Sos, M. Si; dan terakhir (3) Tim PKM Penerapan IPTEK (PKM-PI)  mengangkat judul “Unique Packaging dan Social Media Marketing Berbasis Mainstreaming Disabilitas sebagai Strategi Penguatan Brand Difabel Community” dengan anggota tim empat mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Negara angkatan 2019 yaitu  Agus Tina Isni Yatun,  Afifah Dhea Damayanti,  Cindy Amara Puspita Sari,  Elisa Rahmawati dan satu mahasiswa angkatan 2020  lntanita Nurlaili Rosyada dengan dosen pembimbing  Dr. Rina Herlina Haryanti, S. Sos, M. Si.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2021 diperuntukkan bagi mahasiswa Strata 1 (S1) di seluruh perguruan tinggi melalui penyediaan dana yang bersifat kompetitif, akuntabel dan transparan. Secara garis besar PKM dikelompokkan menjadi tiga, yaitu 1). PKM 5 Bidang yang terdiri dari PKM-Riset (PKM-RE/PKM-RSH), PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-PM), PKM-Kewirausahaan(PKN-K), PKM-Penerapan IPTEK (PKM-PI) DAN PKM-Karsa Cipta(PKM-KC); 2). PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK) 3). PKM Karya Tulis yaitu, PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT) termasuk dalam golongan insentif.

Atas prestasi ini FISIP UNS mengucapkan selamat atas pencapaian yang diraih tersebut untuk selanjutnya dengan mengikuti PKM ini  para  mahasiswa diharapkan  mampu menghadirkan solusi ke tengah-tengah permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah, masyarakat, dan dunia kerja/industri nantinya dan memberikan inspirasi bagi mahasiswa lainnya. (Maryani FISIP UNS)