“FISIP Coffee Talks”#04.  Diskusi series, ” Isu-isu Aktual Administrasi Publik dan Marketable dalam Publikasi”

“FISIP Coffee Talks”#04.  Diskusi series, ” Isu-isu Aktual Administrasi Publik dan Marketable dalam Publikasi”

Banyak isu berkembang di masyarakat yang tak jarang berdampak signifikan terhadap kondisi sosial di masyarakat. Sebagai bagian dari kalangan akademisi, FISIP UNS mencoba memberikan alternatif solusi  terhadap permasalahan tersebut melalui kegiatan  diskusi atau webinar dengan tema  “Isu-isu Aktual Administrasi Publik dan Marketable dalam Publikasi” yang dikemas dalam diskusi series “FISIP Coffee Talks”#04.  Diskusi series  dilaksanakan Senin, 26 April 2021, pukul 13.00 – 15.00 WIB,  melalui aplikasi zoom meeting, dan ini merupakan tahap keempat dalam pelaksanaannya.  Akan hadir memberikan materi Dr. Bevaola Kusumasari., M.Si dari FISIPOL Universitas Gadjah Mada.

Banyaknya Isu-isu kebijakan publik yang ada dimasyarakat tersebut pada akhirnya memerlukan  bentuk pengkajian yang teliti agar dapat dipilih menjadi  isu strategis  yang akan dikaji  sebagai  masalah kebijakan (policy problem) dan selanjutnya dapat ditetapkan sebagai agenda kebijakan (agenda setting), yang  dipandang dari  kepentingan keilmuan, pembuat kebijakan  maupun masyarakat  luas. Dan tugas seorang akademisi adalah mengurai semua permasalahan melalui penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang nanti harus terpublikasi kesemua stakeholder,  agar karya yang dihasilkan dapat bermanfaat pada semua pihak.

Kajian yang telah  melalui beberapa  tahapan-tahapan pengkajian  pada akhirnya  dapat menyelesaikan  persoalan yang dihadapi. Diawali pengumpulan isu, pengolahan dan penganalisis  isu hingga terbentuk formulasi kebijakan dalam bentuk perundang-undangan yang dapat dijadikan acuan pemerintah nantinya  dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapinya. Dari formulasi yang telah dirumuskan tersebut maka isu kebijakan yang ada dan telah diformulasikan akan dioperasionalisasikan  dalam berbagai program  dan kegiatan yang tepat sasaran, sehingga tujuan organisasi dapat tercapai. (Maryani FISIP UNS)