Tim Elora, dari FISIP UNS Raih Juara 2 Lomba PR Campaign Nasional

Tim Elora, dari FISIP UNS Raih Juara 2 Lomba PR Campaign Nasional

Tim Elora, yang merupakan  Kelompok Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS yang bernama Bintang Surya Laksana (D0218019), Lala Dila Pradini (D0218045), dan Septian Nur Rois(D0218079), ketiganya mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi angkatan 2018, FISIP UNS  yang baru saja meraih Juara  2  dalam Lomba Prahasta (Pertempuran Humas Nusantara)  dengan kategori Public Relatoins  (PR) Campaign tingkat nasional.

Ajang yang  diselenggarakan  oleh Universitas Gadjah Mada dalam acara Festival Ajisaka 2020+,  mengusung tema “Biwara Bumandhala: Berita Baik untuk Bumi”. Festival Ajisaka UGM 2020+ kali ini mengundang para generasi muda  untuk menyumbang ide inovatif terkait penanggulangan bencana di Indonesia dengan tagline Melek Bencana. Dimana para peserta diharapkan dapat menjadi agen perubahan untuk menanamkan kesadaran di masyarakat bahwa komunikasi memiliki peran krusial dalam segala aspek kehidupan manusia, salah satunya dalam pemulihan situasi pasca krisis

Dalam Festival Ajisaka terdapat lima mata lomba, yaitu Nakula (Penelitian Kawula Muda), Kresna (Kreasi Insan Sinema), Arjuna (Ajang Citra Sejuta Warna), Sadewa (Sayembara Dewa Pariwara), dan Prahasta (Pertempuran Humas Nusantara) dengan 16 kategori lomba. Ada dua kelompok dari FISIP UNS yang mengikuti Festival Ajisaka UGM 2020+,  dalam mata lomba Prahasta yaitu Tim Cerello FISIP UNS  dalam kategori Public Relatoins  (PR) Campaign dan Tim Cerello  di kategori Risk Management,  dan keduanya menorehkan  prestasi gemilang sebagai juara 2 (dua)  dan juara pertama.

Menurut Bintang Surya Laksana, sebagai perwakilan dari Tim  Elora  menyampaikan bahwa Elora adalah sinar matahari dalam bahasa yunani. Dalam kategori ini setiap tim diminta mengerjakan proposal berlangsung selama sebulan, mulai 16 Februari 2021 hingga 18 Maret 2021, namun close submission diperpanjang hingga 21 Maret 2021. Pengumuman Finalis lomba diumumkan melalui instagram @ajisakaugm pada 29 Maret 2021, dimana para finalis kemudian melakukan presentasi proposal secara online via Zoom Meeting pada 9 April 2021. Sedangkan pengumuman pemenang diumumkan melalui  laman YouTube Ajisaka UGM pada 10 April 2021 kemarin.

Diajang  Public Relations Campaign ini, para peserta diminta  untuk mengatasi permasalahan yang menyangkut reputasi sektor pariwisata di Indonesia.  Tim Peserta boleh memilih satu diantara empat destinasi wisata unggulan, yaitu Pantai Tanjung Kelayang, Candi Borobudur, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, dan Labuan Bajo. Dan Tim Elora memilih Candi Borobudur, kemudian mengangkat campaign bertajuk “Remember This” dengan key message “Mengajak wisatawan untuk mengingat kembali kenangan mengenai event yang telah dilaksanakan serta menekankan bahwa objek wisata Candi Borobudur selalu menerapkan protokol kesehatan di tengah new normal.”

Pembimbing Tim,  Anjang Priliantini, S.I.Kom., M.A. Dosen Prodi Ilmu Komunikasi merasa  bangga karena keberhasilan Tim Elora meraih prestasi yang sangat memuaskan di ajang ini. (Maryani FISIP UNS)