Tim Cerello FISIP UNS Raih Juara 1 Risk Management Festival Ajisaka UGM 2020+

Tim Cerello FISIP UNS Raih Juara 1 Risk Management Festival Ajisaka UGM 2020+

Tiga mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) angkatan 2019 yang tergabung dalam Tim Cerello UNS  berhasil menyabet juara pertama lomba Lomba Prahasta (Pertempuran Humas Nusantara)  dengan kategori Risk Management di Festival Ajisaka 2020+.  Anggota tim Cerello yang terdiri dari Afradyta Oktaviani (D0219001), Salma Prasantika Amada (D0219088), dan Titan Samudra (D0219098) merupakan tiga orang mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi  Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret  (FISIP UNS) yang saat ini memasuki semester 4 serta peduli dengan kajian  tentang Public Relations dan Media. Tim Cerello  berhasil meraih penghargaan melalui karya pengelolaan risiko erupsi Gunung Merapi pada salah satu tempat akomodasi wisata di Kaliurang, Yogyakarta dengan judul karya “911, Tanggap Bencana Bersama  Wisma Sejahtera”.

Menurut Salma Prasantika Amada, salah seorang anggota Tim mengungkapkan “Potensi wisata di Kaliurang sebetulnya sangat besar, tapi sayang banget kesadaran masyarakat terkait risiko bencana disana kurang. Oleh karena itu, program yang kami buat salah satunya untuk mengajak stakeholders bersama-sama membangun kesadaran tersebut”.

Kompetisi tingkat nasional yang diadakan secara berkelanjutan oleh Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tersebut dilaksanakan secara daring pada16 Februari sampai 10 April 2021. Dan Dewan Juri untuk kategori risk management ini terdiri dari Febriati Nadira selaku Head of Corporate Communication PT Adaro Energy, Arif Mujahidin selaku Communication Director Danone Indonesia, serta Boy kelana selaku Head of Corporate Communications Astra dan Wakil Ketua Umum III BPP Perhumas.

Afradyta menuturkan,  “Sejujurnya perlombaan Ajisaka ini merupakan perlombaan pertama yang saya ikuti. Ini menjadi suatu hal baru terutama bagi saya yang cukup menantang, apalagi saat tahu kalau jurinya corporate communication semua yang pasti expert soal crisis perusahaan. But turn sout, it went very well, berkat kerjasama tim yang baik,alhamdulillah kami mendapat respon yang sangat positif dari para juri saat tahap bedah karya. Good job teman-teman Cerello!,” ujarnya.

Titan Samudra menambahkan bahwa minimnya ilmu dan pengalaman tentang bidang public relations menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk berusaha memperkayanya dengan mengikuti kompetisi ini.“Kami kan belum mengambil matakuliah spesialisasi public relations sehingga kami mau tidak mau harus belajar secara otodidak dan konsultasi berulangkali dengan mentor-mentor dan dosen kami, Ibu Tanti Hermawati,S.Sos,M.Si” ungkap Titan.

Tim Cerello UNS berharap dapat terus menghasilkan karya-karya lain untuk Ilmu Komunikasi khususnya bidang public relations.“Kami berharap melalui kemenangan kami dilomba ini bisa menjadi batu loncatan untuk bisa berkembang ke depannya,” tambah Titan mewakili teman-teman timnya. (Maryani FISIP UNS)