Sosialisasi Remunerasi UNS PTNBH 2021

Sosialisasi Remunerasi UNS PTNBH 2021

Pada tanggal 23 Februari 2021 Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret mengadakan Sosialisasi Remunerasi UNS PTNBH secara daring bagi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Sosialisasi dilaksanakan dalam dua sesi, Sesi pertama dilangsungkan  mulai  pukul 09.00-11.00  WIB untuk tenaga pendidik, sedangkan sesi kedua dilaksanakan mulai pukul 13.00-14.30 untuk tenaga kependidikan di FISIP UNS.

Sosialisasi daring tersebut menghadirkan  narasumber dari tim remunerasi Universitas Sebelas Maret Surakarta yaitu Kepala UPT SDM, Dr. Drs. Sugiyanto,M.Si; Dr. rer.nat Fajar Rakhman Wibowo, S.Si,M.Si;  Ardian Maretta  Prastiawan, S.Si ; dan Candra Tri Harjanto,A.Md.

Dalam setiap sesi yang berbeda,  Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si. menjelaskan perubahan status UNS sebagai universitas berbadan hukum berdampak pada semua organ yang ada di UNS termasuk didalamnya roda birokrasi. PTNBH juga menyebabkan  adanya  perubahan kinerja serta beban kerja yang ada dimasing-masing fakultas atau unit yang ada.  Untuk itu setiap tenaga pendidk maupun tenaga kependidikan harus siap menghadapi segala perubahan yang terjadi, salah satunya kinerja dan beban kerja yang akan selalu dievaluasi  secara periodik.

Sedangkan Kepala UPT SDM, Dr. Drs. Sugiyanto,M.Si, dalam sambutan awalnya menyampaikan permasalahan dan tantangan  dalam pelaksanaan remunerasi PTNBH UNS, diantaranya terkait dengan aturan baru karena adanya struktur baru dalam PTNBH,  indeks unit yang berdampak belum terevaluasi dan menimbulkan rasa ketidakadilan,  penerapan sistem remunerasi yang baru menuju optimalisasi yang dapat mendorong pengembangan karir dan kinerja universita serta  penataan sistem remunerasi  yang terintegrasi secara menyeluruh.

Pada akhirnya nanti setiap tenaga pendidik dan kependidikan  diharapkan mampu melaksanakan  beban kerja sesuai dengan jabatan  yang menjadi tanggung jawabnya  dengan cara melaporkan semua yang dilaksanakan baik melalui sistem yang telah dibuat atau melalui logbook manual secara tertib berdasarkan waktu yang telah ditetapkan sebagai  dasar pembayaran remunerasi dibulan yang akan datang.   ( ICT Center dan Maryani FISIP UNS)