FISIP UNS Terima Tim Auditor Satuan Pengawas Internal UNS

FISIP UNS Terima Tim Auditor Satuan Pengawas Internal UNS

Jumat, 22 Januari 2021, FISIP UNS menerima tim  Satuan Pengawas Internal (SPI) Universitas Sebelas Maret yang mengadakan audit rutin dan review terkait keuangan dan non  keuangan di FISIP UNS. Hadir sebagai tim  auditor Dr. Arum Kusumaningdyah Adiati, S.E, MM; dan Dr. Miftah Nugroho, M. Hum.

Tim auditor SPI UNS,  diterima oleh Wakil Dekan Bidang SDM, Keuangan dan Logistik FISIP UNS, Dr. Ahmad Zuber, S.Sos,  D.E.A; sub koordinator non akademik, Dra. Nuzul Aryanti; dan beberapa staf non akademik mengurusi perencanaan, keuangan dan pengelola barang inventaris di Ruang 3.2.6 Gedung 3 lantai 2 mulai pukul 08.00-14.00 WIB

Proses internal audit oleh UNS ini  bertujuan memastikan sistem pengendalian internal organisasi berjalan sebagaimana mestinya. Tim Internal audit  UNS ini akan mengidentifikasi, mengukur, mengkonfirmasi secara objektif dan independen mengenai keselarasan antara pelaksanaan aktivitas dengan rencana, kebijakan, berbagai peraturan dan ketentuan, serta sistem pencatatan dan pelaporan yang dilakukan di FISIP UNS ini agar dapat diantisipasi bila terjadi kesalahan yang tidak diinginkan dan diperbaiki lebih  awal untuk menghindari kesalahan yang mungkin akan ditemukan oleh tim eksternal auditor nantinya.

SPI merupakan salah satu  organ Universitas yang menjalankan fungsi pengawasan di bidang non akademik di lingkungan Universitas Sebelas Maret untuk dan atas nama Rektor. Dalam menjalankan tugas dan kewenangannya bersifat independen, obyektif, dan berintegritas. Sedangkan pelaksanaan audit  di lingkungan UNS,  ada dua jenis yaitu audit rutin yang  dilaksanakan oleh SPI secara berkala setiap enam bulan di tahun berjalan dan audit khusus yang kemudian laporan hasil audit, termasuk hambatan dan tindak lanjut yang telah, sedang, dan atau belum  dilakukan manajemen akan dilaporkan kepada pimpinan tertinggi univesitas. (Maryani FISIP UNS)