Alumni Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS Lintas Generasi Berkolaborasi Terbitkan Buku Terkait Komunikasi Dan Covid-19

Alumni Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS Lintas Generasi Berkolaborasi Terbitkan Buku Terkait Komunikasi Dan Covid-19

Covid-19 merupakan ancaman nyata bagi seluruh umat manusia dewasa ini. Penyakit yang telah menginfeksi jutaan manusia seantero dunia ini telah mengisi catatan lembaran sejarah peradaban manusia. Jika menilik ke belakang, awalnya penyakit ini merebak di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok. Namun akibat meluasnya persebaran penyakit tersebut, Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization, WHO) pada tanggal 30 Januari 2020 mendeklarasikan kondisi darurat kesehatan publik internasional (Public Health Emergency of International Concern, PHEIC).

Akan tetapi seiring berjalan cakupan wilayah infeksi Covid-19, ternyata semakin luas wilayah infeksi Covid-19 mencakup ratusan negara sehingga pada 11 Maret 2020 akhirnya WHO mengumumkan Covid-19 sebagai sebuah pandemi global (global pandemic). Ratusan negara di dunia kini tengah berjibaku melawan pandemi tersebut sekaligus beradaptasi dan berdamai dengannya. Penyakit ini jelas tidak main-main karena telah menginfeksi jutaan manusia di seantero dunia.

Berkaca dari dari pemikiran diatas, dua Dosen Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS, Sri Herwindya Baskara Wijaya, S.Sos, M.Si berkolaborasi dengan Eka Nada Shofa Alkhajar, S.Sos,M.Si, Ph.D. Phil bertindak sebagai editor,  kembali mempersembahkan karya dalam bentuk buku yang berjudul Sinopsis Buku “Dinamika Komunikasi Dalam Pandemi Covid-19”.

Buku ini merupakan tulisan dari beberapa kumpulan artikel tulisan karya alumni UNS lintas generasi yang  terdiri dari  Eka Nada Shofa Alkhajar, Sri Herwindya Baskara Wijaya, Dewanto Putra Fajar, Dhyah Ayu Retno Widyastuti, Anastasia Lilin Yuliantina, Andi Nugroho, Mulyanto Utomo, Yuliana Rachmawati, Catur Nugroho, Nikmah Suryandari, Zon Vanel, Monika Sri Yuliarti, Firdastin Ruthnia Yudiningrum, Yunizar Riswanda Ardi, dan Likha Sari Anggreni yang ditulis dalam sudut pandang komunikasi yang  berbeda, sehingga tercipta tulisan tentang Dinamika Komunikasi Dalam Pandemi Covid-19 yang beragam. Keseluruhan halaman dari buku ini ada x+210, yang cetak pertama di Bulan Juni 2020 dengan menggandeng penerbit    KBM Indonesia, Yogyakarta dan sudah ber- ISBN      : 978-623—6509-02-9, dan sudah masuk  dalam hak karya intelektual indonesia   (HAKI), per Desember 2020 ini.

Menurut Herwindya Baskara, Covid-19 tentu tidak hadir tanpa alasan. Dan apapun alasannya, kita harus bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari pandemi ini.

“Ide penulisan buku ini berawal dari diskusi hangat yang dilakukan secara daring oleh beberapa alumni Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta. Diskusi tersebut menelurkan gagasan untuk ikut merefleksikan pandemi Corona virus Disease 2019 (COVID-19) ke dalam sebuah buku. Benar, semua manusia tanpa kecuali harus belajar dari Covid-19. Dalam kerangka tujuan itulah, buku ini hadir. Buku ini ditulis oleh alumni kampus hijau (green campus) lintas generasi dengan aneka topik yang berkaitan erat dengan komunikasi dan Covid-19”   ujarnya.

Buku ini tersusun atas kumpulan bab-bab buku (book chapters) dari para penulisnya. Bentuk ini adalah sebentuk refleksi dari para penulis mengenai pandemi Covid-19 yang saat ini tengah kita hadapi bersama-sama. Selamat membaca dan semoga bermanfaat, sambil menutup  sesi wawancara sore itu. (Maryani FISIP UNS)