Release Buku : City Branding, Strategi Komunikasi dalam Memasarkan Potensi Daerah

Release Buku : City Branding, Strategi Komunikasi dalam Memasarkan Potensi Daerah

Banyak masalah dihadapi oleh Kabupaten/Kota dalam meningkatkan daya saing daerah,   sehingga banyak potensi daerah yang dimiliki belum tergarap/terekspos secara luas karena kurangnya pemahaman. Buku City Branding  (Strategi Komunikasi dalam Memasarkan Potensi Daerah) karya Dr. Andre Rahmanto, M.Si mencoba mengulas dan memberikan beberapa solusi terhadap permasalahan pelik dalam membangun icon kota sesuai dengan visi dan misi suatu kota atau daerah.

Menurut buku ini dalam membentuk brand suatu kota, maka diperlukan pemikiran yang matang terkait cita seperti apa yang hendak dibentuk. Hal ini  dapat diketahui melalui beberapa faktor diantaranya potensi daerah, situasi masyarakat termasuk  sejarah kota itu sendiri. Sehingga brand suatu kota atau daerah bukan sekedar angan dan harapan belaka melainkan cerminan dari kondisi riil yang kokoh, kuat dan yang diharapkan.

Dr. Andre Rahmanto menyebutkan buku ini berupaya mengurai secara komprehensif pelaksanaan konstruksi citra dalam city branding mulai dari proses produksi, distribusi hingga keberlangsunngan konsumsi citra. Dalam konsep kehumasan atau public relations, branding kota biasa dilakukan melalui publisitas, penyelenggaraan event hingga menjalin kepentingan dengan para pemangku kepentingan. Karena upaya strategis untuk meningkatkan daya saing dan nilai jual potensi daerah tersebut  salah satunya dapat dilakukan  melalui  upaya pencitraan  branding, dan saat ini branding ini bukan menjadi monopoli produk barang atau jasa  saja melainkan sudah digunakan pemerintahan baik ditingkat kabupaten/kota bahkan negara. Berkaca dari hal tersebut Buku City Branding Strategi Komunikasi dalam Memasarkan Potensi Daerah ditulis dan diterbitakan sebagai hasil karya publikasi buku  Dr. Andre Rahmanto, M.Si yang diterbitkan oleh  Empatdua Media Kelompok Intrans Publising Malang Jawa Timur, cetakan pertama  Juli 2020 dengan ISBN 978-623-92074-1-0. (Maryani FISIP UNS)