ZIGIZI Parents & Kids Healthy Food Decorating Competition

Menyadari masih rendahnya perhatian masyarakat Indonesia mengenai makanan bergizi,  ZIGIZI Event Organizer, salah satu Event Organizer buatan mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS angkatan 2016  mengadakan acara Parents and Kids Healthy Food Decorating Competition. Acara ini digelar  Sabtu, 4 Mei 2019 di Trans Studio Mini Pabelan Solo. Parents and Kids Healthy Food Decorating Competition diadakan dalam rangka memperingati hari Kesehatan Dunia yang jatuh setiap tanggal 7 April.

Dengan tema kesehatan yang berfokus pada kesehatan gizi di masyarakat, acara ini bertujuan  untuk memberikan kesadaran pada masyarakat mengenai pentingnya memperhatikan kesehatan gizi sebagai asupan makanan yang diperlukan tubuh agar tetap sehat dan bugar. Menurut Hannyda Islahiah selaku General Director, acara ini juga bertujuan  memberi pengetahuan dan wawasan kepada masyarakat  akan pentingnya kesadaran tentang konsumsi gizi yang sehat dan seimbang. Setiap peserta diajak berpartisipasi melalui lomba menghias bento dan tak lupa  hadiah menarik  bagi yang beruntung.

Dalam sesi Healthy Food Decorating Competition peserta bukan hanya  dari kalangan orang dewasa saja melainkan juga dimeriahkan oleh partisipasi kaum muda. Setiap peserta diberi waktu selama satu  jam untuk mengkreasikan bento sesuai  dengan yang diinginkan. Para peserta harus menuangkan kreatifitas dan ide ceritanya saat menghias bento tersebut. Dengan berkontribusi sebesar Rp 25.000,00 para peserta akan mendapatkan sertifikat, makan siang, dan berbagai merchandise menarik. Ada beberapa kategori  pemenang, diantaranya Juara I, Juara II, Juara III, dan best idea.

Para peserta juga mengikuti talkshow tentang “Konsumsi Makanan Bergizi bagi Keluarga Tercinta”, sehingga pemahaman peserta soal gizi dapat semakin mendalam yang pelaksanaannya  terbuka untuk umum dan gratis. Beberapa narasumber dihadirkan dalam talkshow tersebut, diantaranya Ahli Gizi Nutrition & Dietetics, Setyaningrum Rachmawaty DCN, MHSc, Ph.D  yang membahas tentang keterkaitan gizi terhadap Sustainable Development Goals, Rahmah Saniatuzzulfa, S.Psi., M.Psi salah seorang Psikolog yang berbicara tentang peran orang tua dalam memotivasi anak mengkonsumsi makanan bergizi, serta Kinanti Handayani,  Founder El Catering  yang memberikan informasi tentang catering makanan sehat dan seimbang bagi keluarga.

Harapannya, dengan adanya kegiatan ini, kesadaran masyarakat mengenai konsumsi gizi seimbang bisa meningkat dan kesejahteraan masyarakat semakin baik. Target acara ini adalah masyarakat dan keluarga, dimana keluarga merupakan wadah pembentukan kesadaran mengenai pentingnya mengkonsumsi makanan yang bergizi dimulai dari kesadaran diri sendiri, keluarga dan masyarakat luas.  (Maryani FISIP UNS) (Foto : Zigizi EO)

print