UNS  Bersama Kominfo Gelar Workshop Konten Digital Aktif  dan Produktif  di Media  Sosial

Universitas Sebelas Maret bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kementerian Kominfo)  menggelar Workshop Konten Digital Aktif dan Produktif di Media Sosial. Workshop diselenggarakan  Jumat, 14 September 2018, di Aula FISIP UNS gedung 1 lantai 2 mulai pukul 09.00-16.00 WIB dan diikuti oleh 100 peserta baik dari UNS maupun luar UNS.

Dalam sambutannya mewakili Prodi Ilmu Komunikasi, Chatarina  Heny S, S.Sos M.Si menyampaikan  kegiatan workshop ini merupakan  kerjasama anatar UNS dengan Kemeterian Kominfo yang bertujuan memberikan pemahaman sekaligus pembelajaran kepada semua peserta agar mampu menggunakan atau membuat konten di media sosial secara bijak sebagai insan akademik.

workshop terbagi menjadi tiga sesi, sesi pertama penyampaian materi tentang Literasi Digital dan Produktif dalam Berinternet  oleh Netizen 2020 dengan narasumber Meilani Effendi dan Tyo.  Dalam paparannya para peserta diberi tips terkait konten media yang boleh dan dilarang untuk diunggah dimedia sosial karena dapat menjadi boomerang baik untuk orang lain maupun diri pengunggah itu sendiri, bagaimana cara beradaptasi dengan media sosial serta bagaimana proses pelaporan  yang bisa dilakukan bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dimedia sosial

Sesi kedua tentang bagaimanan membuat video pendek oleh Lazuardi Nazar dan Fadhli Chardi Putra. Pada sesi ini para peserta diberi pembelajaran terkait tahapan dalampembuatan video baik pra produksi, produksi, pasca produksi  hingga pemasaran dan promosi yang dilakukannya. Adanya tren pembaca yang lebih senang terhadap konten yang menarik dan kreatif,  menjadi salah satu faktor penentu public  akan membaca atau tidak informasi yang disajikan. Dan salah satu pilihan yang tepat adalah melalui  video pendek dengan poin informasi dan infografis bisa dijadikan pilihan. Krena informasi yang disampaikan lebih mudah dimengerti dan dan disenangi public karena adanya perasaan  terlibat dalam informasi yang disampaikan.

Dan sesi terakhir para peserta diminta membuat meme dan video pendek dengan tema #ikutpemilu. Karena Tren digital untuk tahun 2018 menjadi tantangan bagi orang-orang yang terlibat dalam dunia media saat akan menarik massa yang telah banyak terpapar teknologi  melalui  kreativitas pembuatan  konten media sosial yang inovatif dan kreatif  sehingga  lebih mencuri perhatian publiknya.  Terakhir dari workshop ini, para peserta diharapkan dapat menggunakan media sosial secara bijak, rasional   dan produktif serta dapat membuat peluang-peluang dengan pengembangan pengetahuan dan ketrampilan dari workshop yang telah dilakukan ini. (Maryani FISIP UNS)

print