Universitas Sebelas Maret  Jadi Tuan Rumah Temu ADMI Nasional 2019

Membangun relasi yang kuat dalam jejaring komunitas  himpunan mahasiswa sangat diperlukan. Seperti yang dilakukan oleh komunitas  mahasiswa Administrasi Publik di seluruh Indonesia yang tergabung dalam Temu ADMI (Temu Administrator Muda Indonesia) yang kebetulan di Tahun 2019 ini dilaksanakan oleh Komunitas Mahasiswa Administrasi Publik FISIP UNS atau biasa disingkat KMAP di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Dengan mengusung tema besar “DYNAMIC GOVERNANCE for ACHIEVING SDGs“, kegiatan ini dilangsungkan Minggu-Kamis, 3-7  November 2019 dengan berbagai rangkaian agenda acara digelar seperti Agenda utama dari Temu ADMI yaitu adanya penelitian yang dilakukan oleh masing-masing universitas, seminar nasional, Discusi Cluster, Public Hearing, serta adanya Musyawarah Anggota Temu ADMI.

Temu ADMI  tahun 2019 ini mengusung tema Diangkatnya Tema Dynamic Governance ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada peserta mengenai perkembangan pemerintahan  Indonesia dalam rangka  mencapai Sustainable Development Goals (SDGs), dengan enam cluster, yaitu Gender Equality, Good Health and being people, Quality Education, Decent Work and Economic Growth, Suistainable Cities and Communities, dan terakhir Climate Action. Melalui sub tema Adapative Governance dengan pendekatan Thinking Ahead, Local Indigenous Governance dengan pendekatan Thingking Again, dan Interconected Governance dengan pendekatan Thingking Across.

Menurut Ketua Temu ADMI Nasional 2019 Wahyu Ripwanto,  Temu ADMI Nasional 2019 merupakan forum diskusi ilmiah mahasiswa program studi Ilmu Administrasi Negara/Publik se-Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun untuk mengembangkan bidang keilmuan Administrasi Publik/Negara yang bersifat formal dan informal dengan pendekatan ilmiah serta mengedepankan azas kekeluargaan, keceriaan, dan keharmonisan, serta berusaha mencari solusi tentang permasalahan yang ada sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu, dengan adanya Temu Admi 2019 ini diharapkan dapat membangun relasi yang kuat antar sesama mahasiswa Administrasi Publik di seluruh Indonesia. Dan Temu ADMI pada tahun 2019 yang diadakan di UNS ini diikuti oleh 44 tim delegasi universitas dari seluruh Indonesia. Pada pelaksanaannya, Temu Admi selalu menjalin kerja sama dengan badan/lembaga yang berkaitan dengan tema setiap tahunnya. Seperti  tahun ini  panitia juga  bekerja sama dengan Bappenas, Beppeda, dan kementerian terkait.  (Maryani FISIP UNS)

print