Tingkatkan Mutu Borang  dan Akreditasi Fakultas, Tim Jamu FISIP Lakukan Analisis Manajemen Resiko

Reputasi organisasi merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam proses manajemen organisasi agar mendapatkan citra baik dimata publiknya. Pengelolaan resiko sebagai upaya dalam menanggulangi manajemen krisis  merupakan  aset yang berharga untuk dipelihara dan dilindungi. FISIP UNS  sebagai salah satu organisasi atau institusi dibawah UNS  juga berpotensi memiliki sumber bahaya termasuk didalamnya terkait  bahan, proses, alat dan lingkungan yang senantiasa berubah menyesuaikan kondisi lingkungan yang terus berkembang. Beberapa bahaya tersebut berpotensi menimbulkan kerugian baik dilihat dari sumber daya manusia, properti,  proses, maupun lingkungan. Untuk itu FISIP UNS harus dapat  memanajemen bahaya tersebut lewat kegiatan analisis managemen resiko yang berkaitan dengan identifikasi bahaya, analisa penilaian, penanganan dan pemantauan serta review resiko.

Sebagai langkah awal Tim Jaminan Mutu FISIP UNS telah menyelenggarakan Workshop Manajemen Analisis Resiko Dalam Rangka Persiapan Penyusunan Borang Akreditasi FISIP UNS dengan target capaian Key Performance Indicator (KPI)  tiap Program Studi yang ada di FISIP UNS adalah Terakreditasi A. Workshop ini dilaksanakan Jum’at, 13 Juli 2018 di Hotel Indah Palace  Solo yang diikuti oleh Pimpinan Fakultas, Tim Jaminan Mutu, Kepala Program Studi dan Perwakilan dosen dari masing-masing program studi dengan menghadirkan Wuji Anggraini, S.S. dari UPTP2B UNS sebagai narasumbernya.

Tim Jaminan mutu yang diketuai oleh Drs. Eko Setyanto, M.Si  menyatakan bahwa proses analisis manajemen risiko  merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk menciptakan  perbaikan  sistem  atau standar prosedur yang berkelanjutan (continuous improvement) sebagai salah satu Indikator terselenggaranya jaminan mutu yang bisa dipertanggungjawabkan terutama terkait dengan Penyusunan Borang Akreditasi FISIP UNS yang sangat dibutuhkan oleh semua Prodi di FISIP UNS ini. Lebih jauh Beliau menyampaikan bahwa analisis resiko yang dilaksanakan oleh TIM jaminan Mutu FISIP UNS juga untuk mengetahui dan membedakan resiko minor yang dapat diterima dari resiko mayor dan untuk menyediakan data dalam membantu evaluasi dan penanganan resiko serta  memperbaiki mutu pelayanan FISIP UNS secara keseluruhan.

Dekan FISIP UNS Prof Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan terselenggaranya workshop ini diharapkan Reputasi FISIP UNS semakin baik dengan berjalannya tim jaminan mutu fakultas yang akan senantiasa melakukan monitoring, mitigasi, dan mengidentifikasi setiap ancaman yang dapat merusak  reputasi institusi FISIP UNS  serta mampu menggerakkan semua sivitas akademik yang ada untuk turut berpartisipasi bersama demi kemajuan FISIP UNS. Karena dikalangan khalayak umum penerapan manajemen risiko pada instusi pemerintahan, masih jarang dilaksanakan dan baru sebatas kerugian financial, padahal analisis manajemen krisis ini juga terkait dengan masalah layanan serta keluaran dari institusi itu sendiri. Dan sebagai lembaga pendidikan tentu terkait dengan lulusan dari FISIP UNS itu sendiri (Maryani FISIP UNS)

print