Tingkatkan Kualitas Publikasi, Prodi S3 Ilmu Komunikasi Selenggarakan   Workshop Pendampingan Penulisan  Publikasi Internasional

Salah satu komponen capaian pembelajaran untuk lulusan Program Doktor di Universitas Sebelas Maret (UNS)  adalah wajib memiliki keterampilan umum, menghasilkan karya ilmiah dalam bentuk disertasi dan satu makalah yang telah diterbitkan atau diterima di jurnal internasional bereputasi.

Kebijakan terkait jurnal internasional meliputi jurnal   terindeks di scopus atau yang setara, serta tidak dikategorikan sebagai jurnal predatory.  Atau karya ilmiah berupa dua makalah yang telah dipresentasikan dalam seminar internasional dan diterbitkan dalam bentuk prosiding Internasional terindex scopus.  Hal ini  tercantum dalam Peraturan Rektor Universitas Sebelas Maret Nomor: 585 /UN27/HK/2015 Tentang Pengelolaan Dan Penyelenggaraan Pendidikan Program Magister dan Program Doktor.

Dengan tuntutan hasil  seperti diatas, menjadikan setiap program studi yang ada di UNS  untuk mempersiapkan calon-calon doktornya melalui peningkatan kualitas mahasiswa dan jumlah  publikasi nasional maupun  internasional,  dengan cara  memfasilitasi  mahasiswa Program doktor untuk mendapatkan ilmu pengetahuan  baru,  langsung dari narasumber yang berpengalaman dan berprestasi di bidang internasional. Salah satunya melalui bentuk pelatihan atau workshop terkait penulisan publikasi nasional atau internasional, seperti yang dilakukan oleh Prodi S3 Ilmu Komunikasi FISIP UNS ini.

Jumat, 16 November 2018 bertempat di Hotel Sahid Jaya telah dilaksanakan Workshop Pendampingan Penulisan Publikasi Internasional bersama Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom,M.Kom dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Kegiatan ini diikuti sebanyak 80-an peserta baik dari  mahasiswa program magister maupun program doktor di UNS. (Maryani FISIP UNS)

 

print