Teknologi dan Inovasi dalam Masyarakat Demokrasi Menjadi  Tema Besar  dalam ajang ICoSaPS, FISIP UNS 2018

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali menggelar konferensi internasional bertajuk The 5th International Conference on Social and Political Sciences (ICoSaPS) 2018: Technology and Innovation in Contemporary Democratic Society. Event yang diselenggarakan di Lor In Hotel Surakarta ini  diharapkan dapat  menjadi forum bagi para akademisi di bidang sosial politik untuk saling berdiskusi terkait dengan riset yang sesuai dengan tema konferensi internasional ini dalam Call for Papers.

Dalam release yang diterima, Ketua panitia ICoSaPS 2018, Rino A. Nugroho, Ph.D. menyampaikan bahwa pada tahun ini, ada empat narasumber yang akan menjadi keynote speaker dan guest speaker yaitu  Prof Da Chi Liao dari Nasional Sun Yatsen University Taiwan, Prof Siti Kusujiarti, Ph.D, dari Warren Wilson College Amerika Serikat,Eric Loo, Ph.D dari University of Wollongong  Australia, dan Prof. Emiritus Dr. Samsudin A. Rahim dari National University of  Malaysia, dan Prof. Drs. Pawito,Ph.D dari Universitas Sebelas Maret  Indonesia.

Terkait dengan pemilihan tema besar konferensi internasional ini Rino A. Nugroho, Ph.D menyatakan bahwa pada tahun ini berfokus pada unsur teknologi, inovasi, dan demokrasi, yang dipandang merupakan isu yang hangat dewasa ini. Terlebih lagi, teknologi saat ini semakin memainkan peran dalam kehidupan demokratis yang tidak hanya berlaku di Indonesia, namun juga secara global. Selain itu dilihat dari keiikutsertaan peserta tahun ini, terdapat peningkatan variasi asal negara, di mana tahun ini terdapat peserta dari Indonesia, Mesir, Belanda, Australia, dan Malaysia. Untuk itu Beliau berharap bahwa melalui plenary session dan cluster session yang akan dilaksanakan dalam konferensi internasional ini, mampu memunculkan ide-ide baru yang menjawab tantangan fenomena terkait dengan teknologi dan inovasi dalam masyarakat yang demokratis.  (Maryani FISIP UNS)

print