Tamarind Simply Organized, EO besutan Mahasiswa Ilkom Ajak Masyarakat  Pahami  Diabetes

Salah satu penyakit yang rawan dan bisa menyerang  siapa saja adalah penyakit gula atau dalam istilah medis disebut diabetes mellitus. Saat ini diabetes masih menduduki peringkat  atas penyebab kematian di dunia. Menurut  International Diabetic Federation (IDF) penderita diabetes mellitus di Indones ia menempati urutan ke-7 di seluruh dunia dengan 8,5 juta jiwa dan urutan ke-6 untuk kasus kematian sebelum berus ia 70 tahun akibat diabetes mellitus (IDF, 2015), dan menurut data Dinas Kesehatan Surakarta menyatakan Kota Surakarta memiliki prevalensi DM (Diabetes Melitus) tipe 2 yang mengalami perubahan dalam 5 tahun terakhir. Peningkatan DM tipe 2 atau non dependent diabetes mellitus dari 5.223 kasus pada tahun 2016 mencapai 6.579 kasus pada tahun 2017.

Berkaca dari data diatas, sebagai wujud sumbangsih sosial kepada masyarakat, delapan  mahasiswa  Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS angkatan 2016 yang tergabung dalam Tamarind simple organizer menyelenggarakan kegiatan yang dikemas dalam Minimalism Healthy Life Style dengan tema “How To Prevent Diabetes As Early As Possible”. Acara akan dilangsungkan pada Sabtu, 27 April 2019  pukul  09.00 – 12.30 WIB bertempat di  El Samara Coffeespace Surakarta.

Menurut Tiara Mahastuti  ketua  penyelenggara, dalam even tersebut akan menghadirkan dua pembicara yang akan mengisi tiga segmen berbeda.  Segmen pertama akan membahas  tentang  penyakit diabetes : penyebab, pencegahan, dan perawatan” dengan narasumber   Dr. Wikan (Founder Klinik Jasmine, komunitas Padi Mas (Penyandang Diabetes Melitus ), dan dosen di Fakultas Kedokteran  UGM).  Segmen kedua akan diisi tentang  manajemen dan aplikasi makanan sehat; persiapan diri  mencegah diabetes dengan pembicara  Retno Wulandari S.Gz (praktisi gizi , founder dan chef @segojene) dan segmen terakhir  akan diadakan workshop pembuatan makanan sehat healthy chicken shiracha bersama Ibu Retno.

Target peserta dalam “Minimalism Healthy L ife Style (How to Prevent Diabetes as Early as Possible)” adalah komunitas Padi Mas , mahasiswa (anak kos ) dan pekerja kantoran yang memiliki ketertarikan untuk mengubah “bad habit” nya untuk kemudian menerapkan gaya hidup sehat demi mencegah diabetes.  Bagi yang ingin mengikuti acara ini bisa menghubungi Caesy Antania di 08562576153.  (Maryani FISIP UNS)

print