Taekwondo Jadi Ajang Ukir Prestasi Non Akademik Safira, Mahasiswa Prodi Ilkom FISIP

Banyak hal dilakukan untuk memupuk minat, bakat dan prestasi baik bidang akademik maupun non akademik seseorang, salah satunya adalah yang dilakukan oleh mahasiswa dari Program Studi Ilmu Komunikasi angkatan 2014 FISIP UNS ini Safira Dita Agristiawati yang baru saja meraih medali perunggu dalam event Pekan Olahraga Provinsi atau yang sering disebut dengan PORPROV di Jawa Tengah.

Porprov sendiri merupakan event lima  tahunan  yang diselenggarakan pada tiap provinsi daerah. Untuk provinsi Jawa Tengah  telah diselenggarakan ke XV-kali nya, dan  kali ini yang menjadi tuan rumah adalah Kota Solo, tepatnya dilaksanakan pada tanggal 19-25 Oktober 2018. Banyak cabang olahraga yang dipertandingkan dalam event ini, salah satunya adalah olahraga  beladiri Taekwondo yang baru saja dimenangkan oleh Safira Dita ini.

Menurut Safira,  beladiri Taekwondo merupakan olahraga yang sudah dicintainya sejak berumur 10 tahun. Safira terinspirasi kakaknya  yang terlebih dulu terjun dalam beladiri tersebut dan mulai menjadi atlet. Kemudian, ia terdorong untuk mengikuti jejak kakaknya menjadi atlet.  Kejuaraan pertama yang diikuti Safira ada pada tahun 2008 dimana ia duduk di bangku SMP kelas 1. Kemudian ia terus menerus berlatih dan mengikuti berbagai kejuaraan di tingkat daerah, provinsi, maupun nasional.

Dan yang terbaru, Safira baru saja meraih juara ketiga dalam Porprov kemarin. Ia memenangkan kejuaraan dalam kategori kyorugi pada kelas Under 62 kilogram Putri. Dengan berat badan 59 kilogram  dan tinggi 174 cm yang dimiliki, Safira merupakan atlet yang cukup tinggi dikelasnya. Saat porprov kemarin, Safira mendapat kesempatan untuk bertanding 4kali. Namun, pada saat semi final ia harus mengaku kalah dengan lawannya yang merupakan atlet Asian games. Walaupun begitu ia tetap meraih medali perunggu karena telah mengalahkan 2 atlet yang berasal dari banjarnegara dan banyumas dengan perolehan skor 30-3 dan 27-11. (Maryani FISIP UNS) (Foto : Safira Dita)

print