Sosialisasi E-Office SIKD,  Aplikasi  Kearsipan Dinamis di UNS

Perkembangan teknologi informasi telah banyak  mengubah proses kearsipan dalam suatu institusi, baik swasta maupun pemerintah  menjadi lebih praktis, cepat dan mudah. Namun, keberadaan sistem yang belum terintegrasi menyebabkan beberapa kendala, seperti kesiapan sumber daya manusia  dan ketersediaan perangkat keras itu sendiri.

Menjawab beberapa permasalahan tentang keterlambatan infomasi,  pencarian data dan atau  arsip  di UNS,  Rektor UNS telah membuat instruksi terkait penerapan aplikasi E-Office Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) di lingkungan UNS yang tertuang dalam Instruksi Rektor Nomor 01/UN27/HK/2018.

Aplikasi E-Office SIKD ini akan diberlakukan keseluruh unit kerja di UNS mulai tanggal 2 Januari 2019, dibawah tanggung jawab UPT Kearsipan, Bagian Umum, UPSDM dan Remunerasi sebagai  penanggungjawab dalam sosialisasi, pelatihan dan pengembangan aplikasi E Office SIKD. Sedangkan  UPT TIK bertanggung jawab dalam  penyediaan dan pemelihara server.

Penerapan aplikasi baru E-Office SIKD  ini diharapkan mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam penyelenggaraan kearsipan dinamis di UNS,  contohnya penyimpanan arsip-arsip  dalam bentuk digital. Selain aman juga dapat menghemat ruang dan biaya. Di FISIP UNS,  kegiatan sosialisasi penerapan aplikasi E-Office telah dilaksanakan Senin-Selasa, tanggal 5-6 November 2018 di Ruang Seminar, diikuti oleh jajaran dekanat, pejabat struktural, admin dekanat, admin prodi, pengelola surat dan arsiparis atau petugas arsip di  fakultas. (Maryani FISIP UNS)

print