Sosialisasi   dan Kuliah Perdana Program Magister dan Doktor FISIP UNS

Bertempat di Ruang Seminar FISIP UNS, Selasa, 27 Agustus 2019 kemarin, telah dilaksanakan sosialisasi dan kuliah perdana program magister dan Doktor di FISIP UNS. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa baru Angkatan 2019, Program Doktor Ilmu Komunikasi, Program S2 Ilmu Komunikasi, Program S2 Magister Administasi Publik dan Program S2 Sosiologi. Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Dekan Bidang Akademik, Wakil Dekan Bidang  Kemahasiswaan dan Alumni, Kepala Prodi S3 Ilmu Komunikasi dan Kepala  Prodi S2 Ilmu Komunikasi serta pejabat struktural di lingkungan FISIP UNS.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan Bidang Akademik, Dra. Prahastiwi Utari, M.Si,Ph. D menyampaikan harapannya  agar para mahasiswa baik dari  program doktor maupun magister mampu memanajemen waktu selama menempuh pendidikan di FISIP UNS ini.  Beliau menegaskan bahwa dalam Peraturan Rektor, Nomor 17/UN27/HK/2018 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Program Magister dan Doktor   menyebutkan  penyelenggaraan  program magister maupun doktor  dapat diselenggarakan di pascasarjana maupun fakultas.  Untuk penyelenggaraan program magister dan doktor yang bersifat lintas  prodi antar  fakultas  diselenggarakan di pascasarajana dibawah tanggung jawab Direktur Pascasarjana, sedangkan  penyelenggaraan program magister dan doktor yang bersifat satu disiplin ilmu dengan program sarjananya diselenggarakan di fakultas dan menjadi tanggung jawab Dekan. Dan kebijakan ini berimplikasi  terhadap tiga  program magister dan satu program doktor yang ada di FISIP UNS.

Bu Prahastiwi menambahkan  bahwa masa studi para mahasiswa tersebut sangat terbatas, serta ada beberapa tuntutan terkait  standar kompetensi dan capaian pembelajaran  para lulusannya. Ketentuan tersebut adalah wajib memiliki keterampilan umum  serta menghasilkan karya ilmiah dalam bentuk tesis; satu artikel yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional; dan satu artikel yang telah dipresentasikan dalam seminar nasional atau internasional dan diterbitkan dalam prosiding nasional atau internasional.  Karya ilmiah yang telah dibuat itu wajib mencantumkan nama mahasiswa sebagai nama pertama,  dan mencantumkan nama tim pembimbing dan mencantumkan  nama fakultas dan Universitas Sebelas Maret sebagai nama lembaga afiliasinya.   Atau mahasiswa mampu memenuhi komponen capaian pembelajaran  yang berupa buku, prototipe, dan paten  dengan tetap mencantumkan nama mahasiswa, tim pembimbing, fakultas dan universitas sebagai Lembaga afiliasi. Sedangkan ketentuan dalam penyusunan  tesis, penulisan karya tesis yang dibuat harus memenuhi batasan similarity tesis maksimal 30/100 (tiga puluh perseratus) dengan menggunakan aplikasi sebagaimana dalam www.turnitin.com

Dan poin penting lainnya yang disampaikan dalam acara ini  adalah awal perkuliahan untuk program magister dan program doktor di FISIP UNS akan dimulai per 2 September 2019. (Maryani FISIP UNS)

print