Siapkan Fleksibilitas Pembelajaran Jaringan, FISIP UNS Selenggarakan Pelatihan SPADA

Tuntutan terhadap peningkatan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat, mendorong berbagai lembaga pendidikan termasuk di Universitas Sebelas Maret (UNS)  memanfaatkan sistem Pembelajaran daring guna meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas pembelajaran yang dilakukan.

Menuju proses tersebut, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS) menyelenggarakan Pelatihan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan (SPADA)  Bagi Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret. Pelatihan ini dilaksanakan  Jum`at, 7 Desember 2018, di Hotel Loji Solo dengan narasumber Basori, S.Pd., M.Pd dan Daru Wahyuningsih, S.Si., M.Pd. dibantu tim Pengembang Teknologi Pembelajaran Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (PTP LPPMP) Universitas Sebelas Maret.

Dalam paparannya kedua narasumber menyampaikan bahwa saat ini,  sudah dikembangkan SPADA UNS atau  singkatan dari Sistem Pembelajaran Daring   yaitu suatu portal yang memfasilitasi pembelajaran Daring SPADA UNS  dan dimiliki serta dikelola oleh Pusat Pengembangan Teknologi Informasi untuk Pembelajaran (PPTIuP) LPPMP Universitas Sebelas Maret. Penggunaan SPADA UNS bagi dosen di UNS ini  dimaksudkan untuk memfasilitasi penerapan pembelajaran blended (blended learning) dalam rangka menciptakan pengalaman belajar yang mampu mencapai kompetensi belajar mahasiswa secara optimal.

Melalui Pembelajaran daring ini nantinya setiap materi pembelajaran yang diberikan oleh dosen akan  dapat diakses kapan dan dari mana saja. Manfaat lain dari pembelajaran daring ini  adalah  materi  yang diberikan kepada mahasiswa  akan tersimpan dengan aman dalam waktu yang lama,  dan dapat diperkaya dengan berbagai sumber belajar termasuk multimedia yang dapat diperbaharui oleh dosen.  Dengan inovasi pembelajaran yang dilakukan diharapkan mampu  meningkatkan  kualitas pembelajaran baik yang  berupa  metode pembelajaran, penyediaan alat-alat dan buku-buku ,  penggunaan teknologi yang mendukung interaksi dosen dan mahasiswa dalam  proses belajar mengajar tanpa melihat   keterbatasan ruang, waktu dan tenaga. Dan SPADA UNS ini telah  dapat diakses pada laman http://spada.uns.ac.id .  (Maryani FISIP UNS)

print