Seminar dan Diskusi Umum Musikalisasi Politik

Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS angkatan 2018 melaksanakan kegiatan “Seminar Dan Diskusi Umum Musikalisasi Politik” di Ruang Seminar FISIP UNS, Jum’at, 14 Desember 2018 mulai pukul 09.00-11.00 WIB. Kegiatan ini menghadirkan Joko Suranto, S.Sn, M.Hum,  dosen FISIP UNS sekaligus pengamat musik di Kota Solo, Muhnizar Siagian,S.IP,M.IP  Dosen Prodi Hubungan Internasional  dan Lukman Fahmi Djarwono, S.Ip,M.Si  dosen  FISIP UNS.

Menurut Akbar, salah seorang  panitia, kegiatan ini dilatarbelakangi oleh  kondisi Indonesia mendekati tahun politik 2019, bahwa  mahasiswa komunikasi angkatan 2018 ingin lebih mendalami tentang komunikasi politik terutama campur tangan musik dalam dunia politik di Indonesia dan didunia.  Sebegitu hebatnya peran musik dalam mempengaruhi perilaku seseorang  bahkan orang lain untuk mencapai tujuannya. Selain itu musik juga dapat digunakan untuk  tempat aktualisasi diri.  Dari beberapa fenomena di Indonesia, musik  banyak dimanfaatkan  untuk mengajak dan membujuk masyarakat . Disisi lain musik juga banyak digunakan oleh para pembuat kebijakan.  Untuk itulah,  agar musik lebih berguna dalam kehidupan sosial bermasyarakat,  maka para musisi diharapkan mampu memberi pendidikan politik kepada para pendengarnya.

Lebih jauh akbar menyampaikan bahwa sebagai generasi muda, mahasiswa  dituntut lebih kritis terhadap dunia politik, terutama memandang politik dengan sudut pandang musikalitas dan belajar untuk mengkoordinir sebuah acara yang positif bagi generasi muda.  Sebagai bahan pembelajaran, hal ini  dapat diwujudkan bila dilakukan dalam sebuah gerakan bersama untuk itu penyelenggaraan ini dilaksanakan oleh semua mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2018 kelas A yang salah satu tujuan penyelenggaraannya juga memenuhi tugas akhir semester (UAS) dalam mata kuliah Pengantar Ilmu Politik yang diampu oleh Lukman Fahmi Djarwono, S.Ip,M.Si. (Maryani FISIP UNS)

print