Arus informasi yang cenderung mengglobal telah menciptakan perubahan dan paradigma baru dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara termasuk kesadaran akan hak-hak politik (berserikat dan menyatakan pendapat) serta mencapai kehidupan yang lebih layak. Dalam hubungan ini perubahan yang terjadi seringkali sulit diramalkan, sementara transformasi budaya politik menuju demokrasi tidak menampakkan akseleasi yang signifikan. Kondisi yang demikian menuntut ketersediaan dan keterlibatan para peneliti komunikasi serta ahli manajemeen komunikasi. Disinilah letak urgensi didirikannya lembaga pendidikan untuk mencetak ahli profesional di kedua bidang tersebut.

Prodi Ilmu Komunikasi PPs UNS merupakan lembaga pendidikan yang bertujuan untuk menghasilkan ahli-ahli ilmu komunikasi setingkat Magister yang memiliki kompetensi akademik dan praktis, untuk dapat berperan memberikan kontribusi bagi pemecahan masalah terkait bidang komunikasi dan media. Didirikan sejak tahun 2001, Prodi Ilmu Komunikasi PPs UNS telah menghasilkan ratusan lulusan yang sekarang berkiprah di dunia akademik sebagai pengajar/peneliti dan di lembaga/industri sebagai praktisi.

Perkembangan situasi domestik maupun global semakin menunjukkan arti penting dari upaya pengumpulan, pemrosesan dan penyebarluasan informasi untuk berbagai tujuan penting termasuk pemasaran, penjualan, memenangkan kompetisi, penumbuhan dan pengembangan citra, serta tujuan mencapai kepentingan-kepentingan politik. Sebagai konsekuensinya dibutuhkan sumber daya manusia yang dapat bekerja secara profesional dan memiliki integritas serta reputasi yang membanggakan, baik di bidang riset maupun manajemen. Atas dasar pemikiran demikian maka program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta (PPs UNS) membuka Program Studi Magister Ilmu Komunikasi berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti No: 22/Dikti/Kep/2001, tertanggal 18 Januari 2001. Program Studi Magister Ilmu Komunikasi PPs UNS telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Peringkat Akreditasi B, berdasar SK BAN-PT Nomor 165/SK/BAN-PT/Ak-XI/M/VIII/2013.

Berbekal ilmu pengetahuan, pengalaman belajar, interaksi dengan dosen dan civitas akademika lain, mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi PPs UNS disiapkan untuk menjadi Magister Ilmu Komunikasi yang kompeten, berdedikasi, dan menjunjung tinggi norma dan etika.

Kerjasama

Sejak tahun 2013, Program Magister Ilmu Komunikasi FISIP UNS dipercaya untuk menjalin kerjasama dengan Balitbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menjadi penyelenggara Program Beasiswa S2 Dalam Negeri di bidang Ilmu Komunikasi. Melalui program ini, Program Magister Ilmu Komunikasi FISIP UNS memberikan kontribusi yang signifikan bagi peningkatan kapasitas PNS dari seluruh Indonesia di bidang komunikasi, khususnya Government Public Relations.

Kompetensi Lulusan

Kompetensi lulusa  Program Magister Ilmu Komunikasi UNS ini sesuai dengan tiga minat utama (konsentrasi). Peminatan itu yaitu: (1) Riset dan Pengembangan Teori Komunikasi; (2) Manajemen Komunikasi (Reguler); dan (3) Manajemen Komunikasi (Program Beasiswa Kementerian Kominfo). Gelar akademik yang diberikan adalah Magister Ilmu Komunikasi (M.I.Kom).

a. Riset dan Pengembangan Teori Komunikasi

Kompetensi yang dikembangkan dalam peminatan ini meliputi kemampuan penelitian yaitu dasar-dasar teori dan metodologi komunikasi serta perkembangannya di bidang komunikasi sosial budaya, komunikasi politik, jurnalistik dan komunikasi pembangunan. Sehingga diharapkan lulusan peminatan ini memiliki kompetensi dalam melakukan pengembangan teori dan penelitian ilmu komunikasi dengan pendekatan multi perspektif.

b. Manajemen Komunikasi

Kompetensi yang dikembangkan dalam peminatan ini yaitu kemampuan manajerial dalam organisasi bidang komunikasi. Kemampuan manajerial meliputi analisis organisasi dan menyusun strategi (perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi) dalam program komunikasi pemasaran dan komunikasi organisasi. Sehingga diharapkan lulusan peminatan ini memiliki kemampuan dan sikap profesional yang dibutuhkan dalam industri bisnis media atau perusahaan lainnya.

c. Manajemen Komunikasi (Beasiswa Kominfo)

Melalui program ini, Prodi Ilmu Komunikasi PPs UNS memberikan kontribusi yang signifikan bagi peningkatan kapasitas PNS dari seluruh Indonesia di bidang komunikasi, khususnya Government Public Relations.

print