Administrasi publik merupakan aspek strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya terkait penyelenggaraan urusan sektor publik. Dalam perspektif tersebut diperlukan sumber daya manusia yang unggul sebagai pelaksananya. Program Studi Magister Administrasi Publik (MAP) UNS menghasilkan lulusan berkualitas untuk menjawab kebutuhan sumber daya manusia yang ahli di bidang administrasi publik. Program Studi MAP adalah salah satu program studi magister (S2) yang ada di bawah koordinasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Program Studi MAP UNS diselenggarakan mulai tahun akademik 2003/2004 berdasarkan SK Dirjen Dikti Kemendikbud Nomor 939/D/T/2003 tanggal 7 Mei 2003 tentang Ijin Penyelenggaraan Program Studi Magister Administrasi Publik. Akreditasi Program Studi Magister Administrasi Publik UNS saat ini peringkat  “A”  (sangat baik) berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor : 046/SK/BAN-PT/Ak-X/M/II/2013. Lulusan Program Studi Magister Administrasi Publik tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan sejumlah negara, baik di institusi pemerintah, swasta, BUMD/BUMN, maupun perguruan tinggi.

Dalam rangka mendukung proses pembelajaran di program studi, staf pendidik (dosen) pada Program Studi Magister Administrasi Publik secara kuantitas dan kualitas sangat memadai. Seluruh dosen sudah berkualifikasi pendidikan doktor (S3) dari perguruan tinggi dalam atau luar negeri, serta memiliki kepakaran di bidang masing-masing. Sarana/prasarana pembelajaran dilengkapi fasilitas ruang kuliah, ruang seminar/ujian, ruang baca, dan laboratorium yang dapat dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa.

Lapangan Kerja

Profil karir lulusan Program Studi Magister Administrasi Publik meliputi: administrator, manajer sektor publik,  birokrat, pendidik, konsultan, peneliti,  analis kebijakan, dan penyedia jasa layanan publik.

Kompetensi Lulusan

print