Reakreditasi Prodi, Tim Asesor BAN PT Melaksanakan Asesmen Lapangan di  Prodi Magister Ilmu Komunikasi FISIP UNS

Senin, 3 Desember 2018, telah dilaksanakan  asesmen sekaligus visitasi reakreditasi Program Studi Magister  Ilmu Komunikasi FISIP UNS oleh Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).  Hadir sebagai Tim Asesor,  Dr. Suwandi  Sumartias, M.Si dari Universitas Padjajaran Bandung dan Dr. Muhammad Sulhan, M.Si dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Turut hadir dalam visitasi tersebut jajaran Pimpinan Fakultas dan Program Studi,  dosen dan mahasiswa,  alumni dan pengguna Prodi Magister Ilmu Komunikasi  .

Dalam sambutannya Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP UNS, Drs. Sudarmo, MA, Ph.D  menyampaikan bahwa saat ini UNS sedang  berbenah menuju Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTNBH). Dengan mengacu pada instruksi Rektor UNS,  sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN BLU) menuju PTNBH maka  UNS harus mengembangkan diri dan berbenah melalui  kompetensi menuju internasionalisasi, salah satunya dengan capaian publikasi dan jaringan kuat diantara stakeholders yang ada.   Beberapa  sistem layanan pendidikan telah dilaksanakan secara online  sehingga diharapkan mampu  meningkatkan kualitas sumber daya manusia menuju visi misi fakultas maupun program studinya.

Beberapa rekomendasi telah disampaikan oleh  Tim  Asesor Badan Akreditasi Nasional Dr. Suwandi  Sumartias, M.Si dan Dr. Muhammad Sulhan, M.Si  diantaranya  tetap menjamin kualitas untuk konfirmasi data standar borang, bersama-sama dengan konsorsium atau lembaga yang bergerak dibidang Prodi Ilmu Komunikasi untuk melesatkan ilmu komunikasi dengan mengisi jurnal masing-masing masing baik dalam skala nasional maupun internasional, senantiasa berupaya membuka jaringan, dan menempatkan mahasiswa  dan para alumninya berada di institusi yang tepat,  memaksimalkan prinsip-prinsip komunikasi  terkait standar administrasi fakultas,  mempertegas factor penciri program studi, memperkuat akselerasi pembangunan jejaring nasional maupun internasional dan terakhir akselerasi professor ship mengingat terlalu minim profesor komunikasi yang ada di Indonesia.

Beberapa rekomendasi tersebut diberikan oleh Tim Asesor setelah melakukan konfirmasi dan  verifikasi terhadap apa yang sudah ada dalam ajuan borang akrediatasi Program Studi Magister Ilmu Komunikasi  FISIP UNS  yang  meliputi kurikulum, prestasi dosen dan mahasiswa, proses belajar-mengajar, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri, serta berbagai komponen kegiatan penunjang pembelajaran lainnya. (Maryani FISIP UNS)

 

print