Program Pasca Sarjana  Ilmu Komunikasi FISIP UNS Menjadi Tuan Rumah Konsorsium Bidang Ilmu Komunikasi  Ke-9

Program Doktor Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan  Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS) menjadi  tuan rumah dalam  Konsorsium Bidang  Ilmu Komunikasi se-Indonesia ke-9. Kegiatan ini diselenggarakan di Hotel Sahid  Jaya, selama dua hari  Rabu-Kamis, 31 Oktober-1 November  2018. Hadir dalam konsorsium tersebut perwakilan dari 10  Perguruan Tinggi Negeri (PTN)  di Indonesia yang memiliki jurusan/program studi Ilmu Komunikasi di perguruan tinggi masing-masing. Ke-10 PTN tersebut adalah  Universitas Indonesia (UI) Jakarta, Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar,  Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, Universita Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Universita Sumatera Utara (USU) Medan, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Brawijaya (UB) Malang, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dan Universitas Andalas (Unand) Padang Sumatera Barat.

Konsorsium Ke-9 ini, selain sebagai ajang silaturahmi bagi jurusan/program studi Ilmu Komunikasi, juga memberikan kontribusi positif bagi pengembangan keilmuan serta sisi kelembagaan pada jurusan/program studi Ilmu Komunikasi di Indonesia. Beberapa pembahasan menjadi agenda dalam konsorsium ke-9 tersebut diantaranya rencana penetapan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga  (AD/ART) konsorsium Bidang Ilmu Komunikasi, bidang kelembagaan serta   topik lain yang terkait dengan   isu-isu  Ilmu Komunikasi dan  kebijakan Kemenristekdikti  yang berimbas pada kegiatan keilmuan dan akademis di tingkat fakultas maupun universitas.

Dalam sambutan pembukaan Kosorsium Bidang Komunikasi ke-9, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS) Prof.Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni ,M.Si menyatakan  bahwa konsorsium ini penting mengingat penggagas dan penggeraknya adalah 10 Perguruan Tinggi yang masuk dalam Top Rank University di Indonesia yang memiliki pengaruh dalam perkembangkan dunia keilmuan khususnya bidang komunikasi. Dari hasil konsorsium ini beliau mengharapkan program magister dan doktor di 10 PTN yang memiliki  bidang Ilmu Komunikasi ini, memiliki kekhususan dalam  pembelajarannya bisa bersinergi dan berkoordinasi sehingga bisa menjadi model bagi jurusan/program studi Ilmu komunikasi di universitas lain  selain menghasilkan learning out come di bidang ilmu komunikasi  seperti sharing dosen, join research maupun pelaksanaan kuliah tamu. (Maryani FISIP UNS)

print