Prodi S2 Sosiologi Selenggarakan Kuliah Bersama Pakar Sosiologi Ekonomi

Prodi S2 Sosiologi FISIP UNS kembali menyelenggarakan kuliah pakar bersama Prof. Dr.  Damsar,MA ,  ilmuwan  sekaligus guru besar  ahli sosial kemasyarakatan yang mengajar  sosiologi ekonomi di Universitas Andalas, Padang, Sumatra Barat, pada hari Selasa, 5 November 2019 dengan tema yang berkaitan dengan sosiologi ekonomi.

Menurut Kepala Prodi S2 Sosiologi, Dr. Trisni Utami, M.Si  kuliah pakar sosiologi ekonomi ini bertujuan untuk memberikan pandangan dan wawasan mendalam bagi mahasiswa S2  Sosiologi khsusnya dalam  melakukan analisis sosiologi ekonomi serta mampu memunculkan ide-ide atau gagasan dalam penyusunan tesis atau artikel ilmiah mahasiswa. Serta berguna untuk  memperoleh cakrawala yang luas tentang sosiologi ekonomi dari apa yang diperoleh  dan dikembangkan dalam ide-ide penulisan tesis maupun dalam penelitian dosen berkebelanjutan

Pemilihan tema tentang  perspektif sosiologi ekonomi  adalah  cara pandang dalam  melihat bagaimana produsen berperan dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan juga pemasaran yang mampu untuk mendongkrak kesejahteraan masyarakat. Hal ini  sangat penting bagi institusi pendidikan untuk berkontribusi pada pemulihan ekonomi suatu bangsa  melalui kajian dari aspek produsen, perdagangan, dan institusi ekonomi itu sendiri.

Dalam paparannya Prof. Damsar menyatakan bahwa Bidang kajian sosiologi itu sangat luas. Semua aspek kehidupan manusia merupakan target pasar yang dapat diteliti melalui kajian  bidang sosiologi mulai lahir hingga meninggal.  Kajian Sosiologi juga bukan hanya merupakan kajian sosiologi murni saja namun saat ini   juga mencakup kajian  ilmu sosiologi terapan yang banyak menawarkan penyelesaian dan penerapan masalah melalui solusi kajian sosiologi. (Maryani FISIP UNS)

print