Prodi Magister Sosiologi Selenggarakan Kuliah Pakar Bersama Assoc Prof. Minako Sakai

Dalam upaya meningkatkan wawasan pengetahuan mahasiswa dan dosen dari perspektif global serta meningkatkan kepercayaan diri melalui persepsi positif mahasiswa terhadap ilmu,  Program Studi Sosiologi bekerjasama dengan Program Magister Sosiologi FISIP UNS menyelenggarakan kuliah pakar luar negeri bersama  Assoc Prof. Minako Sakai dari The University of New South Wales (UNSW) Canberra Australia,  hari Rabu 3 Oktober 2018 pukul 13.00-15.00 WIB di Ruang Seminar FISIP UNS. Kegiatan ini diikuti lebih dari 70 orang mahasiswa maupun dosen.

Assoc Prof. Minako Sakai, menyampaikan materi dengan tema Women, Community Development and Enterpreneurship in  Indonesia. Dalam paparannya Prof Minako menyampaikan sejarah ketertarikannya dengan Indonesia dari awal hingga menjadi salah satu peneliti aktif yang menulis tentang keberagaman di Indonesia lewat penelitian-penelitian yang telah dilakukan dengan beberapa instansi maupun  korporat yang ada di Indonesia seperti dengan pemerintah dan masyarakat Gumay serta dengan beasiswa Dompet Duafa terkait penelitiannya tentang ekonomi Syariah di Indonesia yang berkaitan dengan  usaha kecil dan menengah (UKM) yang dilakukan oleh perempuan Muslim Indonesia.

Adanya stigma terkait bahwa Islam membatasi pergerakan perempuan menjadi bahan kajian studi kasus perempuan muslim di Indonesia yang dituangkan dalam buku Muslimah Kewirausahaan dan Pemberdayaan Masyarakat. Dari hasil penelitiannya Prof. Minako Sakai, menyampaikan bahwa Islam di  Indonesia bisa mendukung partisipasi ekonomi perempuan, walau ada beberapa kondisi budaya tertentu yang menyesuaikan dengan budaya lokal yang mesti  dipenuhi.  Diakhir sesi, Kepala Prodi Sosiologi FISIP UNS Dr. Ahmad Zuber,S.Sos DEA mendapat  bingkisan buku  karya  Prof Minako Sakai yang berjudul Muslimah Kewirausahaan dan Pemberdayaan Masyarakat   dilanjutkan sesi foto bersama.  (Maryani FISIP UNS)

 

print