Persiapkan Reakreditasi Prodi Sosiologi, FISIP UNS Gelar  Review Borang Akreditasi

Evaluasi sistem dan kurikulum dalam kegiatan belajar mengajar harus senantiasa dilaksanakan untuk menunjang  proses pembelajaran yang up to date menyesuaikan dengan perkembangan dinamika masyarakat yang ada.  Salah satu bentuk penjaminan mutu terhadap proses pembelajaran tersebut adalahh melalui akreditasi institusi maupun program studi guna mencapai keunggulan berdasarkan standar mutu yang ditetapkan oleh lembaga yang berkompeten salah satunya dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Prodi Sosiologi FISIP UNS senantiasa berbenah dan mempersiapkan diri dengan semua kemungkinan yang ada. Sebagai bahan persiapan reakreditasi Prodi Sosiologi ini,  Selasa, 13 Maret 2019 bertempat di UNS Inn Solo melaksanakan “Review dan Perbaikan Borang Akreditasi Prodi Sosiologi FISIP UNS” dengan menghadirkan narasumber tim asesor internal   UNS, Prof. Dr. Tulus Haryono,M.Ek dan Dr. Mugi Harsono,M.Si. Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran Dekanat, Tim Borang Fakultas, para Pejabat Struktural , Tim Borang Prodi dan dosen dari Prodi Sosiologi FISIP UNS .

Beberapa standar penilaian yang terdapat dalam borang akreditasi institusi maupun prodi mendapat review serta masukan dari tim asesor UNS agar sesuai dengan  penilaian yang ditetapkan oleh BAN PT serta mendapat akreditasi maksimal A, karena Prodi Sosiologi FISIP UNS  masih terakreditasi B. Diharapkan dengan persiapan yang matang sebelum borang akreditasi Prodi dikirimkan, dapat menambah kesiapan Prodi maupun fakultas mempersiapkan segala data serta dokumen pendukungnya. Karena menurut Prof. Tulus Haryono, pengiriman borang akreditasi ke BAN PT hanya merupakan sebuah pelaporan yang didukung dengan dokumen pendukungnya untuk diverifikasi dan dikonfirmasi kebenarannya.

Sedang Dekan FISIP UNS, Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni,M.Si menyampaikan bahwa akreditasi A bukan merupakan tujuan akhir dari sebuah pembelajaran, namun merupakan pelaporan terhadap kualitas prodi-prodi yang ada di FISIP UNS khususnya sebagai salah satu hal penting yang harus ditingkatkan untuk mencapai keunggulannya,  melalui bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai salah satu komponan  evalauasi pemenuhan standar mutu pendidikan akademik yang wajib dilaksanakan.  (Maryani FISIP UNS)

print