Siapkan PIMNAS UNS, Prodi Ilmu Administrasi Negara  Selenggarakan Pendampingan Lanjutan Seleksi  PKM Fakultas

Sebagai bentuk pendampingan dan sosialisasi terhadap proposal PKM yang  telah dibuat oleh mahasiswa dari Prodi Administrasi Negara, Kamis, 29 Agustus 2019, Kepala Prodi Administrasi Negara menyelenggarakan pendampingan khusus bagi para peserta  Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang berjumlah 8 tim, dimana  masing-masing tim terdiri dari 3 orang mahasiswa   dengan narasumber Septyanto Galan Prakoso,S.IP, M.Sc selaku penanggung jawab  PKM tingkat Fakultas.  Sosialisasi ini juga dihadiri oleh dosen  pembimbing PKM Prodi AN seperti Dra. Sudaryanti,M.Si dan Dr. Rina Herlina Haryati,M.Si dan Kaprodi Ilmu Administrasi Negara sendiri Rino Ardhian Nugroho,S.Sos,M.TI, Ph.D.

Sosialisasi PKM Prodi AN ini  merupakan kelanjutan dari sosialisasi PKM yang dilaksanakan oleh fakultas sehari sebelumnya, Rabu, 28 Agustus 2019 di Ruang Seminar FISIP UNS. Menurut  Kepala Sub Bagian Kemahasiswaan dan Alumni, Aris Suryanto,S.Sos, jumlah proposal PKM  UNS dari FISIP UNS di tahun 2019, sebanyak  29 proposal terdiri dari  12 proposal dari Prodi Hubungan Internasional, 9 proposal dari Prodi D3 Komunikasi Terapan dan 8 proposal dari Prodi S1 Ilmu Administrasi Negara.

Pekan Ilmiah Mahasiswa-Universitas Sebelas Maret (PIM-UNS) merupakan salah satu upaya membangun kreativitas mahasiswa melalui kompetisi proposal program kreativitas mahasiswa (PKM) di lingkungan UNS sehingga proposal mahasiswa mampu bersaing di PKM tingkat nasional. PIM-UNS pertama kali diluncurkan pada tahun 2017 yang merupakan inisiatif dari Tim Pengembangan Kemahasiswaan untuk merespon kurang optimalnya proposal PKM di tingkat nasional. Kegiatan PIM-UNS yang diselenggarakan tersebut ternyata sesuai dengan format seleksi proposal PKM 2017 oleh Dikti yang mengharuskan adanya evaluasi proposal di tingkat perguruan tinggi sebelum dikirim ke nasional. Kegiatan yang dilaksanakan tersebut memberikan dampak yang sangat besar terhadap jumlah proposal PKM UNS ini.

Bidang Proposal PKM yang dikompetisikan pada PIM-UNS sesuai dengan PKM yang dilaksanakan oleh Dikti yang terdiri dari program kreativitas mahasiswa bidang penelitian eksata (PKM-PE), penelitian humaniora (PKM-PSH), kewirausahaan (PKM-K), karsa cipta (PKM-KC), pengabdian kepada masyarakat (PKM-M), penerapan teknologi (PKM-T), gagasan tertulis (PKM-GT), Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK), artikel ilmiah (PKM AI). Proses seleksi proposal PKM di PIM-UNS dibagi menjadi 2 periode yaitu periode 1 yang dibuka untuk seleksi proposal PKM PE, PSH, K, KC, M, T dan periode 2 untuk seleksi proposal PKM GFK, GT, dan AI. Periode seleksi proposal PKM pada PIM-UNS mengikuti periode seleksi proposal yang dilakukan oleh Dikti. Kriteria proposal PKM yang meliputi inti kegiatan, kriteria keilmuan, strata pendidikan, jumlah anggota, alokasi biaya, laporan akhir, dan luaran.

Agenda  penting pengumpulan terakhir proposal  PKM UNS dibatasi hingga Jumat,  30 Agustus 2019, pengembalian proposal yang telah direview 3 Oktober 2019,  pengumpulan proposal yang telah direvisi 21 Oktober 2019 serta  pengumuman proposal lolos PIM-UNS 25 Oktober 2019. PIM UNS 2019 ini WAJIB diikuti oleh mahasiswa UNS calon peserta PKM Dikti 2019 pendanaan 2020

PIM-UNS merupakan kompetisi penyusunan proposal PKM di tingkat Universitas Sebelas Maret. PIM sendiri diselenggarakan dengan tujuan memperkenalkan kegiatan kreativitas mahasiswa di bidang penalaran kepada mahasiswa UNS, menjaring ide-ide kreatif mahasiswa dalam bentuk kompetesi proposal, serta  mempersiapkan proposal mahasiswa untuk dapat berkompetisi di PKM tingkat nasional. (Maryani FISIP UNS)

print