Persiapkan Kemampuan Mahasiswa menuju Revolusi Industri 4.0, Prodi D3 Perpustakaan Selenggarakan Kuliah Pakar

Ilmu perpustakaan  merupakan bidang keilmuan yang harus terus dikembangkan termasuk didalamnya menyongsong era revolusi industry 4.0. Revolusi industri 4.0 akan membawa banyak perubahan dengan segala konsekuensinya, industri akan semakin cepat, efektif dan efisien termasuk didalamnya  penggunaan sumber daya manusia yang digunakan karena adanya kemajuan teknologi dan informasi saat ini. Perubahan yang terjadi  sangat drastis  dan berpengaruh pada segala aspek  kehidupan.

Untuk itu, guna menjawab tuntutan  teknologi dan pasar kerja  yang tidak hanya terbatas pada penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi ini, Prodi Studi Diploma 3 (D3) Ilmu Perpustakaan melaksanakan Seminar dan Kuliah Pakar  dengan tema “Pengembangan Perpustakaan Menuju Revolusi Industri 4.0”. Kegiatan ini dilangsungkan di Aula FISIP UNS, Kamis, 28 Maret  2019 mulai pukul 09.00-13.00 WIB  dan diikuti lebih dari 100  peserta dari kalangan mahasiswa maupun dosen. Hadir sebagai narasumber Bapak Basuki.

Dalam sambutannya, Drs. Haryanto, M.Lib selaku Kepala Prodi D3 Ilmu Perpustakaan menyampaikan banyak fenomena dan isu-isu terkait  penguasaan ilmu perpustakaan yang muncul diera industri 4.0. Sebagai usaha dan upaya dari Prodi D3 menghadapi hal tersebut adalah mempersiapkan para mahasiswa dan alumninya untuk  meningkatkan wawasan yang lebih luas dan pengayaan ilmu pengetahuan yang menyesuaikan dengan dunia akademik dan dunia kerja sebagai implementasinya. Kuliah pakar hanya salah satu usaha menerapkan beberapa paradigma   sehingga mahasiswa dan alumni nantinya mampu memahami  teori-teori  perpustakaan, mampu mengkaji  dan mengidentifikasi isu dan masalah serta realita yang ada didunia kerja.

Sambutan Kaprodi bisa disimak disini 

Beliau berharap nantinya para alumni mampu berinovasi dan mampu memberikan  kemampuan terbaiknya sesuai dengan  penerapan konsep dan teori  ilmu kepustakaan yang telah diterima selama ini. Banyak hal telah dilakukan Prodi D3 Ilmu Perpustakaan FISIP UNS untuk terus meningkatkan kualitasnya baik lewat perubahan kurikulum maupun penerapan  aplikasi pembelajaran maupun fasilitas laboratorium yang dimiliki termasuk  jaringan yang  kuat dan terpadu. (Maryani FISIP UNS)

print