Perkuat Sinergi  dan Integrasi  Sistem Informasi Akademik, FISIP UNS Selenggarakan Training dan Outbound

Kualitas manajemen perencanaan yang terpadu dan berbasis kinerja merupakan satu tuntutan termasuk bagi perguruan tinggi. Dengan kualitas manajemen data dan informasi yang terintegrasi, yang berbasis pada teknologi informasi dan komunikasi dapat menjadikan sebuah data dan informasi di institusi menjadi lebih lengkap, akurat, up to date, mudah diakses sehingga mendukung tercapainya administrasi perencanaan dan sistem informasi yang transparan dan akuntabel.

Pengelolaan Manajemen Pengetahuan dan Sistem Informasi Universitas Sebelas Maret  terkait dengan sistem informasi dan fasilitas yang digunakan program studi dalam proses pembelajaran diatur dalam Surat Keputusan  Rektor No. 120/H27/HK/2011.  Beberapa sistem  jaringan informasi yang telah dilakukan tersebut antara lain Sistem Informasi  Akademik (Siakad), Sistem Informasi  Perencanaan (Siren), Sistem Informasi Akuntansi (SIA), Sistem Informasi Tata Persuratan (SIATAP), Single Sign On (SSO), IRIS1103, UNS Open Course Ware,  Fasilitas e-Learning,  Sistem Pembelajaran Daring (Spada) UNS dan sistem remunerasi di UNS. Beberapa  sistem yang ada di UNS tersebut kurang familiar bagi beberapa orang termasuk bagi sivitas akademik FISIP UNS.  

Untuk itu guna memberikan integrasi sistem informasi yang ada di FISIP UNS, pada hari Sabtu-Minggu, 24-25 November 2018 dilaksanakan kegiatan Outbound dan Training Integrasi dan Sinkronisasi  Sistem Informasi Pendidikan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret. Kegiatan ini dilaksanakan di  Hotel Green Valley Bandungan, dengan narasumber  Rino Ardhian Nugroho,M.TI, Ph.D selaku Tim Renbang  Universitas yang menyampaikan materi tentang Sistem Informasi Pendidikan dan Ir Herawati,MM dari PT. Citra Emas Sanjaya selaku event organizer yang menyampaikan materi tentang capacity building.

Dalam sambutannya, Dekan FISIP UNS, Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si menyampaikan bahwa UNS adalah universitas besar, keberadaan sudah diperhitungkan menjadi salah satu universitas unggul. Sebagai universitas yang unggul,  keberadaan data dan informasi yang ada dalam beberapa sistem yang sudah dijalankan diperlukan integrasi, agar  memudahkan pihak-pihak saat data atau informasi tersebut diperlukan.

Di hari kedua, sivitas akademik FISIP UNS diajak dalam permainan (game) yang mengasah ketrampilan otak dan kerjasama dalam tim. Hal ini dimaksudkan agar supaya  apa yang dibangun saat ini oleh jajaran pimpinan, dosen dan tenaga kependidikan dapat bersinergi dalam mewujudkan visi misi universitas maupun fakultas melalui komitmen bersama yaitu budayaUNS Active . (Maryani FISIP UNS)

 

 

 

 

print