Perkuat Pengetahuan Metode Penelitian, HIMASOS FISIP  Selenggarakan Training Research

Dalam usaha memperkaya pengetahuan mahasiswa dalam melakukan penelitian baik  dengan metode penelitian kualitatif maupun kuantitatif, Himpunan Mahasiswa Sosiologi (HIMASOS ) FISIP UNS menyelenggarakan Training Research “Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif” yang dilaksanakan Jum’at, 21 September 2018, Pukul 13.00-15.30 WIB, di Ruang Seminar FISIP UNS gedung 1 lantai 2  dengan menghadirkan dua narasumber  yaitu Dr. L.V. Ratna Devi S,M.Si dan Dr. Drajat Tri Kartono, M.Si. Kegiatan ini diikuti lebih dari 80 orang baik mahasiswa dari FISIP maupun mahasiswa dari program studi fakultas lain di UNS.

Menurut Titin Marliana Ketua Divisi Penelitian dan Pengembangan HIMASOS FISIP UNS,  kegiatan training   yang dikemas dalam bentuk seminar ini bertujuan  untuk mengedukasi peserta mengenai metode penelitian kualiatatif dan kuantitatif  sebagai bekal peserta sebelum melakukan penelitian. Pemilihan judul dimaksudkan agar para peserta mampu memahami beberapa metode penelitian yang ada dan mampu mengaplikasikan dalam penelitian yang akan dilakukan selenjutnya karena ini merupakan program kerja yang berkelanjutan.

Dalam paparannya Dr. Ratna Devi menyampaikan materi tentang metode penelitian kuantitatif menyangkut bagaimana langkah-langkah penelitian kuantitatif , bagaimana cara pengumpulan data, penafsiran data serta tampilan data yang akan disajiakan serta bagaimana hasil kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan tersebut  baik melalui gambar, tabel, grafik  atau tampilan lainnya.

Sedangkan pembicara kedua Dr. Drajat Tri Kartono yang juga menjabat sebagai Staf Ahli Rektor Bidang Akademik menyampaikan materi tentang metode penelitian kualitatif. Banyak contoh disamapaikan  terkait bagaimana langkah-langkah  yang harus dilakukan saat melakukan penelitian dengan metode penelitian kualitatif seperti pengumpulan data, penafsiran , tampilan data maupun hasil kesimpulan dari penelitian yang dilakukan.  Berindak sebagai moderator Budi Kurniawan yang juga mahasiswa Sosiologi memandu acara sekaligus memandu jalannya sesi tanya jawab yang diikuti secara antusias oleh para peserta training ini.

Hasil akhir dari pelaksanaan kegiatan  Training Research “Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif” ini nantinya semua peserta mampu memperkaya ilmu pengetahuan  mengenai metode penelitian kualitatif dan kuantitatif sehingga para peserta dapat memiliki bekal  saat terjun dilapangan melaksanakan penelitian baik mata kuliah maupun skripsi atau tugas akhir. Disis lain para dosen atau para akademisi lainnya diharapkan dapat memfasilitasi para peserta dalam memperluas informasi dan keilmuan seputar  metode  penelitian yang ada selama ini.  (Maryani FISIP UNS)

print