Perdalam Ilmu Branding, Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNS, Belajar  di “Inspiring Talks with The Experts”

Branding merupakan suatu konsep yang sangat membutuhkan konteks dalam dunia nyata. Sebagai salah satu bahan  kajian dalam mata kuliah Public Relations 2 (PR 2) di Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS),  Sabtu 16 Maret 2019,  tak kurang dari 68 mahasiswa peserta mata kuliah PR 2, mengikuti seminar “Inspiring Talk with The Experts” dengan mengusung tema “Building Personal Branding and Be a Media Darling” di Imperial Taste Restaurant – The Sunan Hotel Solo  dengan menghadirkan Bertrand Antolin (Presenter, Model & Aktor), Retno Wulandari (General Manager The Sunan Hotel), Benk Mintosih (General Manager Star Hotel Semarang), dan Mirza Ananda (Owner Batari Kencana Tour & Travel).

Salah satu dosen pengampu mata kuliah PR2 yang ikut hadir dalam acara tersebut, Monika Sri Yuliarti, M.Si., mengatakan bahwa keterlibatan mahasiswa peserta mata kuliah PR 2 dalam acara tersebut, sangat penting untuk semakin memberikan gambaran mengenai konsep personal branding yang sebelumnya hanya dipahami secara teoretis. Kehadiran para narasumber yang berbagi kisah terkait aplikasi personal branding merupakan hal yang tidak bisa didapatkan dari bangku kuliah saja.

Seminar ini diawali dengan pemaparan materi mengenai Personal Branding dan Media Darling oleh Retno Wulandari yang juga GM Sunan Hotel Solo. Beliau  menyampaikan bahwa pihaknya sengaja merangkul mahasiswa FISIP UNS karena Sunan Hotel berkomitmen untuk ikut ambil bagian dalam membentuk kaum milenial yang positif sehingga diharapkan acara ini bisa memberikan manfaat bagi mereka

Sesi selanjutnya adalah pemaparan materi dan berbagi pengalaman oleh Bertrand Antolin, Benk Mintosih dan Mirza Ananda terkait dengan aplikasi personal branding dalam karier dan pekerjaan masing-masing. Pemaparan materi yang diberikan oleh pembicara tersebut terlihat aktif juga menarik, dan yang menjadi kejutan adalah pada saat Benk Mintosih membagikan 2 lembar uang dengan nominal seratus ribu rupiah bagi peserta yang mau maju mengambilnya.

Setelah  berakhirnya sesi materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang diperuntukkan kepada 4 peserta. Para peserta terlihat sangat antusias berebut kesempatan untuk bertanya kepada pembicara yang ada. Acara tersebut berjalan dengan sangat menarik dengan dipandu oleh MC yang jenaka, Annas Habibi.

Di akhir acara terdapat sesi pembagian doorprize bagi peserta yang beruntung, berupa dua  buah laptop, tiga  buah bingkisan Roti Ganep’s dan sebuah buku karangan Benk Mintosih. Dwiantoro merupakan salah satu mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS angkatan 2016 yang beruntung mendapatkan doorprize utama berupa  satu buah laptop, berkat caption Instagram yang paling bagus di antara peserta lain terkait dengan unggahan mengenai acara tersebut. (Maryani FISIP UNS)

print