Pentingnya Pengendalian Mutu Institusi, FISIP UNS  Tetapkan Standar Baku Penyusunan Tugas Akhir Mahasiswa Diploma 3

Upaya mengendalikan mutu dalam  pelaksanaan tugas akhir mahasiswa dapat diketahui dari acuan baku yang berlaku. Tugas akhir  merupakan karya ilmiah akhir mahasiswa dalam menyelesaikan pendidikan baik jenjang  diploma  atau sarjana.  Hasil Tugas akhir yang dihasilkan ini  tidak hanya menjadi kebanggan dan bukti kelayakan bagi mahasiswa untuk memperoleh  gelar saja, melainkan  terkandung pula   tanggung jawab  ilmiah dan keilmuan baik mahasiswa , dosen maupun  instansi yang mengeluarkannya.

Mengingat begitu pentingya tugas akhir tersebut maka perlu disusun sebuah panduan  tentang segala hal yang menjadi acuan dan rujukan dalam menyusun tugas akhir, agar output yang dihasilkan yaitu karya ilmiah dapat memenuhi kriteria dan standar mutu yang dipersyaratkan.

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS)  merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi yang memiliki  reputasi  baik. Dalam menjalankan perannya maka diperlukan acuan baku termasuk didalamnya aturan tentang penulisan karya ilmiah.

FISIP UNS   memiliki tiga Program studi Diploma (D3) dengan tiga peminatan. Agar setiap prodi tersebut memiliki acuan yang sama maka diperlukan sebuah panduan yang berlaku sama dalam hal pembimbingan serta penulisan tugas akhirnya.  Untuk itu Tim Jaminan Mutu bersama Bidang  Akademik Fakultas telah melakukan standarisasi  tentang Buku Panduan Tugas Akhir di tingkat Fakultas yang kemudian dibawa dalam forum pleno untuk dibahas bersama  dalam kegiatan Lokarkarya  Finalisasi Panduan Tugas Akhir D3 FISIP UNS, yang dilaksanakan Sabtu, 10 November 2018 di Baron Indah Palace.

Hasil akhir dari kegiatan finalisasi panduan tugas akhir ini menurut Wakil Dekan Bidang Akademik adalah   mempermudah proses pengendalian mutu dalam pelaksanaan penyusunan tugas akhir dan ujian akhir yang sesuai dengan baku mutu dan sasaran yang telah ditetapkan oleh universitas. (Maryani FISIP UNS)

print